Jumat, 22/07/2022, 23:25:12
Kejari Brebes Temukan Ketidaksesuaian Konstruksi Pada Proyek Museum Purbakala
LAPORAN TAKWO HERIYANTO

Foto:dokumen

PanturaNews (Brebes) - Kejaksaan Negeri (Kejari) Brebes, Jawa Tengah, telah menemukan ketidaksesuaian konstruksi dengan standar spesifikasi dalam kontrak pekerjaan pada proyek pembangunan museum purbakala di Desa Galuh Timur, Kecamatan Tonjong, Kabupaten Brebes.

Pasalnya, telah mengakibatkan rusaknya bangunan yang menelan anggaran Rp 752 juta yang bersumber dari APBD 2021 lalu.

“Pekerjaan itu telah selesai dan telah dibayarkan 100 persen. Akan tetapi, belum lama jadi, bangunannya mengalami kerusakan, sehingga tidak dapat difungsikan,” kata Kepala Kejaksaan Negeri Brebes Mernawati, usai melakukan penyidikan sejak kemarin, Jumat 22 Juli 2022.


Menurut Mernawati, pihaknya akan segera memintai keterangan pihak-pihak terkait yang terlibat dalam pembangunan museum yang ada di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dinbudpar) Brebes tersebut.

“Sejak kemarin kami mulai melakukan penyidikan terkait adanya laporan kasus dugaan tindak pidana korupsi pada pekerjaan bangunan museum di Desa Galuh Timur,” ungkap Mernawati.

Tim penyidik, lanjut Mernawati, akan bekerja secara maraton untuk mengungkap dugaan kasus korupsi pembangunan museum purbakala. Mulai pekan depan tim melakukan pemeriksaan saksi dan saksi ahli. Terutama yang terkait dengan pekerjaan bangunan museum untuk mengetahui kepastian hukum.

“Nanti kami periksa saksi secara maraton mulai minggu depan,” terangnya.

Sebelumnya Inspektorat Brebes melakukan pemeriksaan ambruknya atap bangunan Museum Purbakala pada 17 Mei lalu. Investigasi yang dipimpin oleh Inspektur Daerah Kabupaten Brebes Drs Nur Ari Haris Yuswanto MSi itu terjun langsung bersama tim ke lokasi pembangunan museum purbakala yang ambruk di Desa Galuhtimur Kecamatan Tonjong.

Pantauan di lokasi tim investigasi melakukan pengecekan langsung pada bagian-bagian bangunan yang ambruk. Tim juga melakukan pengecekan tingkat kekerasan beton alat penguji kekerasan beton atau Hammer Test.


 
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita