Kamis, 23/06/2022, 21:48:28
H Eko Susanto, Ketua DPC HNSI Kota Tegal Dipilih Secara Aklamasi
LAPORAN JOHARI

H Eko Susanto (bau batik) Ketua DPC HNSI Kota Tegal terpilih menerima bendera Pataka dari Ketua HNSI Provinsi

PanturaNews (Tegal) – Dalam Musyawarah Cabang (Muscab) Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kota Tegal, di gedung pertemuan ‘Mina Graha’KUD Karya Mina, Kamis 23 Juni 2022. Secara aklamsi peserta (kelompok nelayan) menunjuk H Eko Susanto, sebagai Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) HNSI Kota Tegal, masa bakti 2022-2027.

Sebelumnya H Eko Susanto menjabat sebagai Plt Ketua HNSI Kota Tegal, setelah ketua lama H Riswanto naik jabatan sebagai Ketua HNSI Jawa Tengah. Sedangkan H Eko Susanto kini menjabat sebagai anggota DPRD Kota Tegal dari Fraksi PKB.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wali Kota Tegal, Dedy Yon Supriyono, Ketua DPD HNSI Provinsi Jawa Tengah, H Riswanto, tamu undangan dan sejumlah pelaku usaha sektor kelautan dan perikanan.

Dedy Yon juga berharap Pengurus DPC HNSI Kota Tegal yang terpilih akan terus bersinergi dan berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Regal serta stakeholder lainnya. Sehingga Pemerintah Kota Tegal dan HNSI dapat menjadi mitra dalam rangka membangun nelayan Kota Tegal yang kuat.

"Apalagi Kota Tegal dikenal sebagai kota bahari yang nelayannya adalah sumber manusia dan modal dasar pembangunan Kota Tegal, yang perlu dibina dan didorong untuk menggali dan memanfaatkan secara lestari sumber daya kelautan,"ujar Dedy Yon.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Pertanian dan Pangan (DKPPP) Kota Tegal, Sirat Mardanus menyampikan bahwa pihaknya siap untuk bersinergi dengan organisasi profesi seperti HNSI dan organisasi lainnya untuk sama-sama membangun Kota Tegal dari sektor perikanan.

"Kami siap mendukung apa yang menjadi aspirasi nelayan Kota Tegal. Dari catatan Disdukcapil yang profesinya nelayan melalui KTP ada 8.500 orang. Potensi yang besar ini bila kita gali lebih baik, maka akan lebih banyak lagi. Kami berharap HNSI lebih dinamis, kami optimis adanya para pemuda yang kober mengurusi nelayan," ujar Sirat.

Ketua HNSI Provinsi Jawa Tengah, Riswanto, menyampaikan bahwa siapapun yang akan terpilih bisa mengakomodir permasalahan dan harapan bagi nelayan Kota Tegal.

"Saya berharap nanti HNSI bisa  bersinergi dengan Pemkot Tegal, TNI POLRI agar sama-sama mendorong kesejahteraan nelaya Kota Tegal," ujar Riswanto.

H Riswanto juga menagih janji kepada Pemkot Tegal terkait pengadaan mobil pemadam kebakaran (Damkar) dan kapal tugbout (kapal tunda), untuk menarik jika ada kebakaran.

“Saya masih ingat waktu ada acara di Mako Lanal, wali kota menjanikan pengadaan mobil Damkar dan kapal tugboat untuk narik kapal jika terjadi kebakaran kapal,” kata Riswanto.   

Ketua HNSI Kota Tegal terpilih akan melanjutkan program-program ketua lama dan inovasi-inovasi baru untuk kepentingan nelayan.

"Kondisi saat ini nelayan sedang tidak baik-baik saja karena kenaikan harga BBM," ujar Eko.

Eko berjanji, kepengurusan HNSI yang baru pastinya akan berpihak pada nelayan. "Jangan sampai ada regulasi-regulasi yang membuat kepunahan bagi profesi nelayan," tegasnya.

 

 


 
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita