Selasa, 21/06/2022, 02:11:10
Baru Menjabat, Dandim Brebes Buka Piala Kasad Liga Santri. Ponpes Al Kautsar Bumiayu Menjadi Juara
LAPORAN TAKWO HERIYANTO

Piala Kasad Liga Santri PSSI 2022 di Brebes di buka oleh Dandim 0713 Brebes yang baru Letkol Infanteri Tentrem Basuki. (Foto : Takwo Heriyanto)

PanturaNews (Brebes) - Letkol Infanteri Tentrem Basuki, yang baru menjabat sebagai Dandim 0713 Brebes, Jawa Tengah, secara resmi membuka gelaran sepakbola Piala Kasad Liga Santri PSSI 2022 di Stadion Karangbirahi Brebes, Senin 20 Juni 2022.

Pembukaan Piala Kasad Liga Santri PSSI 2022 di Stadion Karangbirahi Brebes ini, dihadiri Kapolres Brebes AKBP Faisal Febrianto, Wakil Bupati Brebes Narjo, pejabat Kejari, Kejati, tokoh agama, pejabat Dinas Pendidikan dan Olahraga Kabupaten Brebes, dan tamu undangan lainnya.

Liga Santri PSSI 2022 di Kabupaten Brebes ini, diikuti 3 tim santri dari 3 Pondok Pesantren (Ponpes). Di antaranya Ponpes Al Falah Songgom, Ponpes Al Kautsar Bumiayu dan Ponpes Al Hikmah 2 Benda Sirampog.

Sebelum pertandingan tersebut dimulai, rangkaian pembukaan Piala Kasad Liga Santri PSSI 2022 ini, diawali dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya yang dilanjutkan dengan melakukan kick off/tendangan bola pertama oleh Dandim Brebes Letkol Infanteri Tentrem Basuki.

Pada gelaran yang dibantu Asosiasi Kabupaten (Askab) PSSI Brebes ini, pertandingan yang diikuti 3 tim santri dari 3 Ponpes itu berjalan dengan sukses dan selesai dilaksanakan dalam satu hari.

Adapaun hasil akhir pertandingan, tim santri dari Ponpes Al Kautsar Bumiayu meraih poin tertinggi dengan dua kemenangan. Yaitu dengan mengalahkan tim dari Ponpes Al Hikmah 2 Benda Sirampog (4-0) dan tim dari Ponpes Al Falah Songgom (7-0).

Dengan hasil tersebut, maka kesebalasan dari Ponpes Al Kautsar Bumiayu berhasil menjadi jura dan akan di kirim ke tingkat Korem 071 Wijayakusuma Kabupaten Banyumas untuk berkompetisi dengan tim-tim pemenang dari 8 kodim lainnya.

"Tim pemenang akan kita kirim ke tingkat korem pada bulan Juli 2022 nanti. Kemudian jika terus menang maka akan lanjut berkompetisi ke Semarang Kodam IV Diponegoro. Selanjutnya ke tingkat nasional Piala Kasad," ujar Dandim Brebes Letkol Infanteri Tentrem Basuki, usai penyerahan hadiah.

Menurut Dandim Brebes, Liga Santri ini digelar sebagai ajang silaturahmi para santri di seluruh tanah air (34 provinsi-red), sehingga masing-masing tim diminta untuk menjunjung tinggi sportifitas.

"Melalui kegiatan ini semoga muncul bibit-bibit atlet dari santri yang nantinya diharapkan menjadi atlet sepakbola yang berprestasi dengan akhlak mulia," harapnya.

Sementara itu Wakil Bupati Brebes Narjo SH usai memberikan trophy kepada tim pemenang, menyampaikan apresiasi kepada TNI yang memberikan ruang bagi para santri untuk berprestasi guna mengharumkan ibu pertiwi.

Sebagaimana diketahui, Liga Santri Piala Jenderal TNI Dudung Abdurachman (Kasad) ini, dilaksanakan secara serentak di berbagai penjuru tanah air. Di mana simbolisnya Kasad secara langsung melakukan kick off/tendangan bola pertama di Stadion Merdeka Jombang, Jawa Timur.

Gelaran Liga Santri ini diawali dari pertandingan di tingkat kabupaten/kota. Kemudian dilanjutkan ke tingkat karisidenan/korem pada 30 Juli 2022.

Kemudian untuk kompetisi di tingkat nasional akan menampilkan tim-tim terbaik dari masing-masing provinsi yang akan dilaksanakan mulai 25 September - 22 Oktober 2022.

Setelah pertandingan di tingkat provinsi selesai digelar baru naik ke tingkat nasional yang penyelenggaraannya akan diambil alih oleh PSSI.

Penutupan Liga Santri PSSI 2022 ini rencananya akan digelar di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta dan akan dihadiri Presiden Joko Widodo.


 
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita