Minggu, 05/06/2022, 11:35:22
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki Paten Goes to Campus Universitas Peradaban
Oleh: Yulia Damayanti

Drs. Teten Masduki selaku Menteri Koperasi dan Usaha kecil dan Menengah hadir dalam acara kuliah umum Univeristas Peradaban, Paguyangan, Brebes, Jawa Tengah pada Sabtu, 4 Juni 2022.

Kehadirannya disambut dengan penuh kegembiraan oleh civitas akademika Universitas Peradaban khususnya Rektor Universitas Peradaban, Drs.Muh.Kadarisman S.H., M.Si.

Acara tersebut dihadiri pula oleh anggota DPR Komisi 6, wakil Bupati Brebes, dan Dinas Koperasi Jawa Tengah.

Dalam kesempatan tersebut, seorang aktivis dan politis Indonesia ini tidak hanya mengisi kuliah umum kewirausahaan, tetapi juga meresmikan koperasi Universitas Peradaban.

Teten apresiasi bahwa di zaman sekarang anak muda lebih memilih menjadi pengusaha daripada pegawai, dimana sangat berbeda pada angkatannya.

"Anak muda sekarang berbeda dengan angkatan saya, anak muda sekarang pengen jadi pengusaha bukan pegawai, keren kan?" ujarnya.

Memang tidak mudah menjadi pebisnis karena harus dimulai dari nol yang tentu membutuhkan modal, tetapi usaha dan kerja keras tidak pernah mengkhianati hasil.

Maka dari itu, Teten mengajak anak muda khususnya mahasiswa Universitas Peradaban untuk mengubah mindset mereka, ketika lulus menjadi pebisnis bukan pencari kerja.

"Mahasiswa lulusan perguruan tinggi menjadi pebisnis, bukan mencari kerja" ujar Teten.

Ini membuat mahasiswa semakin bersemangat untuk berbisnis beriringan dengan belajar. Dimana Universitas Peradaban telah banyak diantara mereka mahasiswa yang memiliki bisnis.

Hal ini mendapat apresiasi dari bapak Menteri Koperasi dan UKM dan mendorong mahasiswa lainnya untuk berbisnis dimulai sejak semester awal, supaya setelah lulus dari perguruan tinggi dapat menjadi pebisnis muda yang handal.

Rektor Universitas Peradaban mengatakan pihaknya melakukan pendampingan UMKM di beberapa daerah untuk diberdayakan dan dikembangkan.

"UMKM yang telah ada kami akan perdayakan dan kembangkan kemudian mencarikan donatur untuk menambah permodalan" ujarnya.

Salah satu perguruan tinggi di Brebes ini bertekad terus untuk mengembangkan beberapa binaan UMKM untuk menjadi binaan terbaru.

"Masyarakat yang kurang mampu kita berdayakan dengan potensi apa yang ia miliki" ujar Kadarisman.

Oleh karena itu, Universitas Peradaban akan memberikan pelatihan-pelatihan, salah satunya pelatihan teknologi.

Teten mengajak mahasiswa untuk memanfaatkan teknologi yang ada seperti HP sebagai media yang bermanfaat terutama berbisnis.

"Teknologi yang ada digunakan untuk mencari informasi, menambah ilmu pengetahuan. Dan kita jangan ketinggalan untuk riset. Terus mencari temuan-temuan yang dapat mensejahterakan bagi masyarakat baik sektor perdagangan maupun industri" ujar Teten.

Acara tersebut diakhiri dengan pemberian apresiasi kepada beberapa mahasiswa yang maju ke depan untuk bertanya dan menjawab dari pertanyaan pak Menteri.

(Yulia Damayanti adalah mahasiswi Ilmu Komunikasi Univeristas Peradaban)

Tulisan dalam Kolom Opini ini adalah kiriman dari masyarakat. Segala tulisan bukan tanggung jawab Redaksi PanturaNews, tapi tanggung jawab penulisnya.

 
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita