s PanturaNews - "Fikri: SMK Bisa Jadi Cerminan Dinamika Pendidikan Berbasis Vokasi" | LAPORAN SL. GAHARU
Jumat, 14/01/2022, 20:15:43
Fikri: SMK Bisa Jadi Cerminan Dinamika Pendidikan Berbasis Vokasi
LAPORAN SL. GAHARU

Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Dr. H. Abdul Fikri Faqih pada Seminar Pendidikan di SMK YPT Kota Tegal. (Foto: Dok/Tim)

...lembaga pendidikan harus memenuhi pengetahuan dan kompetensi yang perlu dipenuhi agar anak didik bisa diserap dunia industri....

PanturaNews (Tegal) - SMK YPT Kota Tegal ini bisa menjadi cerminan dinamika kemajuan atau kemunduran lembaga Pendidikan Berbasis Vokasi. Dulu pada tahun 1986 termasuk lembaga pendidikan yang kecil, namun saat ini bisa berkembang.

Hal itu dikatakan Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Dr. H. Abdul Fikri Faqih saat mengisi Seminar Pendidikan di SMK YPT Kota Tegal, Jumat 14 Januari 2022.

“Karenanya output SMK harusnya punya kepercayaan diri dalam meraih prestasi,” ujar Politisi PKS dari Dapil Jawa Tengah IX (Kota-Kab. Tegal, Brebes) ini.

Menurut Fikri,  ada beberapa yang hanya SMK, yakni kemampuan akademik dan karyanya diakui, bahkan mengalahkan yang kuliah di perguruan tinggi setingkat S1, S2 atau S3.

Kata Fikri, Rod Judskin dalam bukunya Idea Are Your Currenncy, menyampaikan bahwa era sekarang bukan yang punya uang banyak atau pengetahuan. Tapi di era sekarang yang mahal adalah ide, atau gagasan menjadi nilai diri.

“Di Era 4.0 ini, kondisi disrupsi serba tidak menentu. Yang kokoh dan stabil pun bisa hancur. Bentengnya adalah kualitas individu, padahal seorang harus senantiasa belajar untuk bisa survive,” tutur Fikri.

Jadi, lanjut Fikri, lembaga pendidikan harus memenuhi pemenuhan pengetahuan, dan juga kompetensi yang perlu dipenuhi agar anak didik bisa diserap dunia industri.

“Keberhasilan seseorang dipengaruhi beberapa sebab,” kata Fikri.

“Karenanya sebagai individu, kita yang paling penting jangan terputus hubungan dengan Tuhannya. Hubungan dengan sesama atau silaturahim untuk bisa saling membantu, saling support,” tambahnya.

Seminar Pendidikan dihadiri Ketua Yayasan YPT, H. Sipon Junaedi, MPd. Kepala Sekolah SMK YPT Kota Tegal, Revonda Andestiadi, SPd, MM, Pengawas SMK Kota Tegal, Arif Kusnandar, MPd dan tokoh-tokoh pendidikan.


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita