s PanturaNews - "Sampah Bisa Membawa Barokah, Jumadi: Pemerintah Harus Hadir" | LAPORAN JOHARI
Rabu, 12/01/2022, 21:57:06
Sampah Bisa Membawa Barokah, Jumadi: Pemerintah Harus Hadir
LAPORAN JOHARI

Wakil Wali Kota Tegal Muhammad Jumadi memberikan hadiah kepada relawan sampah

PanturaNews (Tegal) – Sampah yang selama ini menjadi momok karena kotor dan bau tidak sedap, juga sumber penyakit. Namun jika dikelola dengan baik dan benar akan mendatangkan uang. Seperti halnya Bank Sampah Resik Barokah, di Kelurahan Debong Tengah, Kecamatan Tegal Selatan, Kota Tegal, Jawa Tengah, malah bisa menambah pundi-pundi keuangan, Selasa 11 Januari 2022.

Direktur Bank Sampah Resik Barokah Nur Khasanah mengatakan ia bersama relawan sampah lainnya, telah mengelola bank sampah selama 5 tahun. Karena ditekuni dan sering membaca literatur tentang sampah, akhinrya berhasil. Sedangkan kegiatan yang dilakukan Bank Sampah Resik Barokah, yaitu pelatihan eco enzim dan lainya.

"Untuk sampah yang sudah dikelola selama lima tahun ini sebanyak 291 Kilogram, plastik, kertas dan lainya," kata Nur Khasanah yang biasa disapa mba Nunung.

Sedangkan kendalanya, lanjut Nunung adalah lahan, karena selama ini harus sewa lahan warga sebesar Rp 400 pertahun.

“Kami minta pemerintah hadir untuk menyediakan lahan, karena sewa lahan terlalu berat,” ujarnya.

Wakil Wali Kota Tegal Muhammad Jumadi mengatakan Bank Sampah Resik Barokah ini merupakan salah satu yang bagus di Kota Tegal. Dan selama lima tahun ini telah gigih serta bersinergi untuk memanfaatkan sampah menjadi lebih bernilai. Terutama pembuatan Eco Enzym dan Briket campuran batu bara. Pemkot sendiri harus membantu adanya Bank Sampah.

"Karena saya kira adanya bank sampah dapat mengurangi volume sampah yang mencapai 250 ton di TPA. Dan dengan adanya Bank Sampah paling tidak bisa mengurangi volume yang akan dikirim ke TPA, karena masih banyak yang bisa dimanfaatkan," kata Jumadi.

Jumadi mengungkapkan sampah pun bisa ditabung menjadi tabungan emas yang bernilai, bahkan sekarang sudah tembus 49 gram. Dan kalau semua mengetahui manfaatnya pasti akan lebih bersemangat. Karena sampah juga bisa dibuat campura batu bara, terutama untuk kebutuhan dalam negeri.

"Berkat bank sampah ini, paling tidak bisa mengurangi volume sampah di Kota Tegal," tandasnya.

 

 


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita