s PanturaNews - "Bocah 7 Tahun Jadi Pemulung, Dewi Aryani Bantu Sepeda Untuk Sekolah" | LAPORAN SL. GAHARU
Sabtu, 08/01/2022, 15:33:06
Bocah 7 Tahun Jadi Pemulung, Dewi Aryani Bantu Sepeda Untuk Sekolah
LAPORAN SL. GAHARU

Anggota Komisi IX DPR RI, Dr. Hj. Dewi Aryani mengunjungi rumah Rofik, anak berusia 7 tahun yang menjadi pemulung dan memberi bantuan sepeda dan sembako. (Foto: Dok/Tim DeAr)

“Saya memberikan sepada ini, agar Rofik digunakan untuk sekolah dan bisa juga untuk membantu neneknya,”

PanturaNews (Brebes) - Ahmad Ainur Rofik, anak berusia tujuh tahun warga Kelurahan Pasarbatang, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes yang membantu neneknya memulung, menjadi perhatian banyak kalangan.

Bocah yang akrab disapa Rofik, tidak punya kesempatan untuk sekolah. Dia sudah membantu keluarga memulung botol plastik untuk kebutuhan sehari-hari dalam beberapa bulan terakhir bersama neneknya.

Salah satu perhatian juga diberikan Anggota Komisi IX DPR RI, Dr. Hj. Dewi Aryani, M.Si. Politisi yang akrab disapa DeAr ini, mengunjungi rumah keluarga Rofik memberi bantuan sepeda dan sembako.

“Saya memberikan sepada ini, agar Rofik menggunakan untuk sekolah dan bisa juga untuk membantu neneknya,” kata Perempuan Parlemen 3 periode dari Dapil Jawa Tengah IX yang meliputi Kota-Kabupaten Tegal dan Brebes ini.

Dewi Aryani datang ke rumah keluarga Rofik di dampingi Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Kecamatan Brebes, Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Brebes, H. Indra Kusuma dan istri, Pengurus PAC Kecamatan Brebes, KingKing Trahing Kusuma serta pihak lainnya.

Selain itu, Dewi Aryani juga sudah kordinasi dengan TKSK Kecamatan Brebes dan Dinsos Kabupaten Brebes, untuk menyegerakan membantu mempercepat pembuatan KTP, KK dan mendaftarkan ke dalam DTKS.

“Sehingga ke depan keluarga miskin ini mendapatkan bantuan sosial dari pemerintah baik KIS PBI, KIP hingga BPNT dan bantuan RTLH,” tutur Dewi Aryani.

Menurutnya, pihak keluarga menyatakan tidak mampu untuk menyekolahkan Ahmad Ainur Rofik karena keterbatasan ekonomi. Bahkan untuk kebutuhan sehari-hari pun terkadang juga masih kurang.

“Tapi informasi terakhir yang saya dapat, Ahmad Ainur Rofik sudah mulai masuk sekolah di SD Negeri 7 Brebes,” jelas Dewi Aryani yang pernah meraih penghargaan The Best Legislator.

Diharapkannya, semua pihak bersama-sama membantu dan gotong royong. Tidak hanya di Kecamatan Brebes namun juga di wilayah lain, jika di temukan ada keluarga miskin dan sangat miskin belum mendapatkan bantuan.

“Segera melapor ke Pemerintah Desa, TKSK atau Dinas Sossial dan pihak lain untuk ditindak lanjuti,” tandas Dewi Aryani.

Sebelumnya, Lurah Brebes, Camat Brebes, Koramil, Kodim, Dinas Pendidikan serta Dinas Sosial Kabupaten Brebes sudah menindaklajuti dan memberi bantuan berupa uang tunai, sembako serta seragam sekolah untuk kebutuhan hidup juga untuk kebutuhan sekolah Ahmad Ainur Rofik.

Seperti diketahui, Rofiq tinggal di sebuah rumah berukuran empat kali tujuh meter di Kelurahan Pasarbatang RT 04 RW 16, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes, bersama nenek, ibu dan kedua adiknya. Sedangkan ayahnya, Supriyadi (31) pergi merantau ke Jakarta dan belum ada kabar lebih dari setahun ini.

Sejak pagi dalam beberapa bulan terakhir, Rofiq pergi dari rumah untuk mencari dan memunguti barang bekas yang bisa dijual. Dia berjalan tanpa alas kaki menyusuri perkampungan hingga perkotaan.


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita