s PanturaNews - "Serunya Emak-emak Kampung Literasi, Lomba Ibu Mendongeng " | LAPORAN JOHARI
Sabtu, 25/12/2021, 12:00:47
Serunya Emak-emak Kampung Literasi, Lomba Ibu Mendongeng
LAPORAN JOHARI

Peserta Lomba Bu Salam, In Action 'Seorang Ibu'

PanturaNews (Tegal) –Rangkaian kegiatan Hari Ibu, Kampung Literasi TBM Sakila Kerti menggelar lomba mendongeng atau ngresula kusus ibu-ibu di Kampung Mendongeng  Jalan Kaligung Gg 3, RT 04/04 Kelurahan Panggung, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal. Hal itu untuk memberi kebebasan berekspresi  kepada ibu-ibu dalam menyampaikan uneg-unegnya. Dibuka oleh Ketua RT 04/04 Kelurahan Panggung, Mohammad . Darusssalam, Jumat 24 Desember 2021 sore.     

Dihadiri ibu-ibu warga sekitar, perwakilan dari Kantor Kecamatan Tegal Timur, Penyuluh dari Kantor Kemenag Kota Tegal dan dari DPMP2PA..

Dr Yusqon selaku penggagas acara tersebut mengatakan bahwa di wilayahnya sudah dikenal sebagai Kampung Literasi, Kampung Ramah Anak dan Kampung KB COE, untuk itu ingin memeriahkan peringatan Hari Ibu sekaligus menggerakkan peran ibu-ibu untuk lebih menggiatkan literasi melalui acara Ibu Kampung Mendongeng.

“Peringatan Hari IBu, TBM Sakila Kerti sudah menggelar acara di Sekolah Terminal dan Sekolah Laut PAI. Kini giliran di kampung sendiri di Kampung Literasi, untuk menghibur warga sekitar,” kata Yusqon.

Menurutnya ada 21 peserta ibu-ibu warga RT 4 RW 4 Kelurahan Panggung dan sangat antusias mengikuti Ibu Mendongeng. Ada yang menggunakan bahasa nasional dan ada pula yang memggunakan bahasa Tegalan. Intinya memberikan kebebasan mereka berekspresi dan menyampaikan uneg-uneg atau ngresula.

“Tim penilai oleh 3 juri yaitu dari pihak Kecamatan Tegal Timur, Penyuluh Agama dan dari DPMP2PA Kota Tegal. Mereka yang berhasil meraih nilai tertinggi, akan mendapatkan hadiah-hadiah menarik,” ujarnya.

Sementara Ketua RT4 RW 4 Kelurahan Panggung Mohammad Darussalam yang turut membuka acara tersebut mengatakan bahwa benar adanya pepatah mengatakan ibu merupakan sosok yang sangat berjasa. Sebab, pendidikan pertama seorang anak dimulai dari seorang ibu. Menurut Darussalam baik buruknya anak juga tergantung pendidikan ataupun sikap yang diberikan ibu kepada anak.

Melakui acara yang digelar, selain memberikan hiburan bagi ibu-ibu, juga menggiatkan literasi dan menanamkan nilai-nilai moral kepada anak akan jasa seorang ibu.

Pada acara tersebut juga ditampilkan aksi monolog oleh Apas Khafasy dengan judul Wajah Ibu Bumi.


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita