s PanturaNews - "Terpuruk Akibat Pandemi, Sektor Pertanian dan UMKM Perlu Perlindungan " | LAPORAN ZAENAL MUTTAQIEN
Senin, 22/11/2021, 18:56:00
Terpuruk Akibat Pandemi, Sektor Pertanian dan UMKM Perlu Perlindungan
LAPORAN ZAENAL MUTTAQIEN

Sosialisasi peran IFG dan anak perusahaan dalam menyediakan produk asuransi dan jaminan usaha masyarakat ditengah pandemi (Foto: Dok. Zaenal Muttaqin) 

PanturaNews (Brebes) - Pandemi COVID-19 yang melanda negeri ini tidak hanya berdampak pada sektor kesehatan. Sosial dan ekonomi terutama sektor usaha masyarakat juga terpuruk, akibat perputaran usaha yang melambat.

Menyikapi kondisi itu, anggota DPRD Brebes Cahrudin mendorong pemerintah dan pemangku kepentingan untuk dapat memulihkan kembali kondisi ekonomi. Baik sektor pertanian, peternakan dan juga UMKM yang selama ini menjadi sumber penghasilan masyarakat di pedesaaan.

"Salah satunya yakni memberi pemahaman mengenai perlindungan bagi masyarakat, dalam berkegiatan baik pertanian, peternakan maupun UMKM dan usaha lain," katanya pada saat sosialisasi peranan Indonesia Financial Group (IFG) dan anak perusahaan dalam menyediakan produk asuransi dan jaminan usaha masyarakat di tengah pandemi, yang diselenggarakan Forum Komunikasi Pemuda (Forkap Jipang), Senin 22 November 2021 di Hotel Anggraeni Bumiayu. 

Menurutnya, kekhawatiran gagal panen bagi petani dan matinya hewan ternak selama ini menjadi momok yang menakutkan bagi masyarakat. Melalui kegiatan tersebut, diharapkan para pelaku kegiatan baik masyarkat petani, peternak maupun pelaku UMKM mendapat kepastian perlindungan.

"Menjadi sangat penting penting agar masyarakat tahu asuransi. Baik ternak, pertanian terkait usaha dan sejauh mana keterlibatan bantuan penjaminan akses ke bank yang menjadi kesulitan yang dialami oleh masyarakat," jelasnya.

Dia mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh Forkap Jipang dengan menggandeng IFG sebagai salah satu tonggak utama penggerak industri finansial di Indonesia, serta memiliki fungsi penting dalam menopang perekonomian.

"Semoga dengan kegiatan seperti ini seluruh masyarakat bisa mendapatkan perlindungan dan bisa berperan dalam pemulihan ekonomi, pasalnya saat pandemi Covid-19 ini, pemerintah terus berupaya untuk menjaga dan memperkuat perekonomian nasional," harap Cahrudin.

Ketua Forkap Jipang Nuryanto Komari menyampaikan, melalui sosialisasi itu IFG bisa memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa dengan adanya program asuransi dan penjamin ini diharapkan dapat memperkuat keyakinan masyarakat didalam menggeluti usaha perekonomiannya.

"Sosialisasi ini bertujuan untuk mendorong pemulihan ekonomi nasional terutama bagi masyarkat petani, peternakan, nelayan, UMKM dan lainnya," kata Nuryanto.

Kata dia, bentuk perlundungan diantaranya asuransi saat terjadi gagal panen, ternak hilang maupun akses perbankan yang kerap menjadi kendala tersendiri bagi masyarakat. 

Hadir dalam kegiatan Kepala Jasa Raharja Pekalongan, Pimpinan Kamkrindo Pekalongan, Askrindo cabang Tegal dan Jasindo Tegal.


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita