Kamis, 08/07/2021, 19:26:07
Melanggar Prokes, 27 Orang Didenda Rp 25 ribu dan 4 Menyapu Jalan
LAPORAN JOHARI

Sidang Tipiring Prokes

PanturaNews (Tegal) – Dalam sidang tindak pidana ringan (Tipiring) di tempat, pelanggaran Perda Nomor 10 tahun 2020, tentang penanggulangan Covid-19, digelar di Jalan RA Kartini, Kota Tegal, Jawa Tengah, Kamis 08 Juli 2021.

Karena tidak pakai masker, sebanyak 27 orang didenda sebesar Rp 25 ribu dan membayar biaya perkara Rp 2 ribu. Sementara  4 orang lainnya dikenai sanksi sosial yakni menyapu fasilitas umum (jalan).

Kepala Satpol PP Kota Tegal Hartoto mengatakan pihaknya melaksanakan operasi yustisi terkait Perda Nomor 10 Tahun 2020 tentang Penanggulangan Corona Virus Disease 19 (Covid-19). Kegiatan pagi itu, diiringi dengan melakukan sidang di tempat yang dilaksanakan bersama dengan Polres Pengadilan Negeri dan Kejaksaan Negeri Kota Tegal.

"Masalah tempat itu sebenarnya bisa dimana saja, tidak harus di jalan. Tetapi ini memang dalam rangka efektivitas, sehingga mereka yang terjaring ini bisa langsung dilakukan penindakan,"kata Hartoto

Menurut Hartoto, sesuai dengan ketentuan dalam perda itu, sanksi denda seberesar Rp25.000. Namun, pada awal operasi, mereka yang melanggar diberikan sanksi sosial dengan menyapu jalan.

"Karena memang jadwal persidangan ini jam 10.00 WIB. Sebelum hakim dan jaksa datang, kami telah melaksanakan kegiatan terlebih dahulu dan memberi sanksinya, sanksi sosial,"ujarnya.

Nantinya, Hartoto menambahkan, kegiatan itu akan rutin digelar selama penerapan PPKM Darurat. Bersama APH, pihaknya sepakat untuk menindak pelanggar protokol kesehatan.

 


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita