Rabu, 23/06/2021, 16:13:32
Pemkab Indramayu Launching E-Retribusi, Nina: Ini Implementasi Program ETPD
LAPORAN RESMAN S

Bupati Indramayu, Nina Agustina didampingi Wakil Bupati Indramayu, Lucky Hakim dan pejabat lainnya melaunching E-Retribusi melalui Qris dan Mpos di Ruang ICC Pemkab Indramayu. (Foto: Media Centre)

PanturaNews (Indramayu) - Digitalisasi dalam proses transaksi di Pemerintahan Daerah (Pemda) merupakan keniscayaan yang tidak bisa dicegah, karena sudah merupakan tren perubahan yang mendunia.

“Maka jika tidak ikut arus perubahan tersebut, Pemkab Indramayu akan tertinggal dari daerah lain,” kata Bupati Indramayu, Nina Agustina Launching E-Retribusi melalui Qris dan Mpos Kabupaten Indramayu di Ruang ICC Pemkab Indramayu, Rabu 23 Juni 2021.

Menurut Nina, layanan E-Retribusi merupakan layanan sistem transaksi yang dikembangkan oleh bank BJB, yang memungkinkan wajib retribusi membayar kewajiban melalui seluruh channel bank BJB, baik jaringan kantor maupun jaringan elektronik lainnya.

Diungkapkan, e-Retribusi merupakan programi kolaborasi Pemkab Indramayu dengan bank BJB Cabang Indramayu, sebagai salah satu solusi dalam rangka upaya percepatan pemulihan ekonomi melalui peningkatan governance, efektifitas, efisiensi dan keamanan serta memitigasi risiko pandemi Covid-19 di Indramayu.

“Launching E-Retribusi melalui Qris Kabupaten Indramayu ini, merupakan implementasi program elektronifikasi transaksi pemerintah daerah (ETPD),” jelas Nina.

ETPD, lanjutnya, yaitu suatu upaya mengubah transaksi pendapatan dan belanja Pemda dari  cara tunai menjadi non tunai berbasis digital. Dengan tujuan untuk mewujudkan tata kelola keuangan yang lebih baik, dan meningkatkan potensi penerimaan pemerintah daerah melalui pemanfaatan teknologi, inovasi produk, dan saluran distribusi.

Diakui Nina, saat ini telah dibentuk Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD), melalui Surat Keputusan Bupati No.580.05/Kep.208-BKD/2021 tanggal 12 April 2021 tentang Pembentukan Tim Percepatan Dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) di Kabupaten Indramayu, melalui kolaborasi antara Pekab Indramayu, Bank Indonesia Cirebon dan Bank BJB Cabang Indramayu.

“Jadi acara Launching E-Retribusi ini merupakan langkah nyata dari kerja tim TP2DD Kabupaten Indramayu untuk peningkatan retribusi via Qris iuran pasar, KIR, Tempat Pelelangan Ikan (TPI), Puskesmas dan Qris shodaqoh/infak rumah ibadah,” tuturnya.

Program ini, kata Nina sebagai langkah awal yang harus ditindaklanjuti oleh seluruh kepala SKPD, Camat dan seluruh komponen Pemkab Indramayu dalam waktu yang tidak terlalu lama, agar dapat terus berkolaborasi dengan bank BJB.

Bank BJB sudah memiliki rangkaian program untuk mendukung implementasi elektronifikasi transaksi pemerintah daerah secara end to end, dan dapat diterapkan diseluruh area Indramayu, demi terwujudnya Visi Indramayu Bermartabat.

Pada kesempatan Lounching tersebut, salah satu program unggulan Bupati dan Wakil Bupati Indramayu, kolaborasi dengan Bank BJB untuk Program Kredit Usaha Warung Kecil atau disingkat Kruwcil. Program ini kata Nina, dimaksudkan untuk memberikan kredit kepada warung kecil dan UMKM guna mendorong perekonomian wong cilik.

Nina berharap perekonomian di Kabupaten Indramayu dapat terus meningkat, meskipun di tengah pandemi Covid-19. Untuk itu, upaya-upaya yang dimungkinkan dapat mendongkrak kondisi perekonomian masyarakat, harus semakin dimaksimalkan.

“Dengan mengucapkan “Bismillahirrahmaanirrahiim”, E-Retribusi melalui Qris serta Program Kruwcil di Kabupaten Indramayu tahun 2021, dengan ini secara resmi saya launching pelaksanaannya. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kemudahan untuk setiap upaya yang kita lakukan,” pungkasnya.

Hadir pada kesempatan tersebut, Wakil Bupati Indramayu, Lucky Hakim, Ketua DPRD Indramayu Saefudin SH, Dandim 0616 Indramayu, Kapolres Indramayu, Kajari Indramayu, Ketua Pengadilan Negeri dan Ketua Pengadilan Agama Indramayu, Sekretaris Daerah Kabupaten Indramayu, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Cirebon, Kepala Otoritas Jasa Keuangan Cirebon.


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita