Senin, 14/06/2021, 21:51:12
Bupati Indramayu Apresiasi Bantuan Alsintan dari Aspirasi Ono Surono
LAPORAN RESMAN S

Bupati Indramayu Nina Agustina bersama Ono Surono mencoba alat mesin pertanian untuk bantuan kepada petani Indramayu. (Foto: Media Centre)

PanturaNews (Indramayu) - Puluhan Kelompok Tani (Poktan) di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, mendapatkan bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan), melalui pos aspirasi Anggota Komisi IV DPR RI, Ono Surono ST, Senin 14 Juni 2021.  

“Para petani diharapkan mampu menekan biaya produksi dan mempermudah mengelola lahan pertanian, agar hasil produksi meningkat. Hal itu dilakukan guna terciptanya kedaulatan pangan nasional,” kata Ono Surono.

Penyerahan secara langsung dilakukan Ono Surono bersama Bupati Indramayu, Nina Agustina, didampingi Kepala Dinas Pertanian Indramayu Takhmid, Wakil Ketua DPRD Indramayu H. Sirojudin, Camat Cikedung, Camat Terisi, Camat Lelea, serta perwakilan Poktan di Balai Benih Kecamatan Cikedung, Kabupaten Indramayu.

Ratusan Alsintan yang dibagikan saat ini, yakni berupa 38 unit Traktor Roda Dua, dan 7 unit Traktor Roda Empat. Masing-masing Poktan mendapatkan satu unit.

Diketahui, pemberian bantuan Alsintan melalui aspirasi anggota DPR RI Ono Surono tersebut, sebelumnya juga telah dilakukan secara rutin sejak 2015 hingga sekarang karena masih di Komisi IV.

"Ini bukti keseriusan pemerintah dalam mempermudah akses para petani agar dapat memangkas biaya produksi, dan sebagai upaya meningkatkan produksi di sektor pertanian di seluruh Indonesia," ujar Ono.

Ono menjelaskan, bantuan Alsintan tersebut merupakan kebutuhan alat dasar para petani untuk mengelola lahannya, agar dapat dikelola dengan mudah melalui traktor roda 2 atau roda 4 untuk lahan pesawahan yang lebih luas.

Oleh karenanya, Ono meminta kepada para Poktan penerima bantuan, agar dapat memanfaatkan Alsintan tersebut secara baik, dan digunakan untuk kepentingan bersama.

Selain itu, Ono juga berterimakasih kepada Bupati Indramayu yang berkesempatan hadir dalam kegiatan realisasi bantuan tersebut, serta kepada Dinas Pertanian Kabupaten Indramayu yang sudah membantu pemerintah pusat dalam merealisasikan bantuan Alsintan untuk para Poktan.

"Dulu tidak pernah dihadiri Bupati Indramayu saat merealisasikan bantuan alsintan, sekarang bisa hadir, sehingga kedepan saya akan lebih semangat mendatangkan program untuk Indramayu sebagai keselarasan program Bupati Indramayu," ungkapnya.

Sementara, Nina Agustina yang turut hadir dalam acara tersebut mengapresiasi bantuan program alat mesin pertanian, berupa traktor roda 2 dan roda 4 yang disalurkan melalui aspirasi Anggota DPR RI Komisi IV Ono Surono untuk kelompok tani di Indramayu.

"Terima kasih kepada pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Pertanian Republik Indonesia yang telah memberikan bantuan alat mesin pertanian dan tentunya dalam hal ini tidak terlepas juga dari peran Bapak Ono Surono, Anggota DPR RI yang selalu mengawal hingga akhirnya Kabupaten Indramayu menerima bantuan alsintan ini," ungkapnya

Dengan adanya bantuan ini, kata Bupati Nina, kita semua berharap para petani akan lebih giat lagi, lebih bersemangat dan termotivasi, sehingga ke depannya produksi pertanian akan semakin meningkat dan semakin meningkat pula kesejahteraan para petani menuju indramayu yang bermartabat (bersih, religius, maju, adil, makmur dan hebat).

Dikatakannya, alsintan yang diterima para petani ini merupakan bentuk perhatian Pemerintah Pusat untuk Kabupaten Indramayu sebagai penghargaan, karena Kabupaten Indramayu merupakan produsen padi dan beras tertinggi ke satu tingkat nasional dan sebagai lumbung pangan nasional.


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita