Senin, 14/06/2021, 20:55:45
Camat Tegal Timur, Nobatkan Duta Vaksin Lansia Jasak dan Jok Vaksila
LAPORAN JOHARI

Lansia sedang di vaksin

PanturaNews (Tegal) – Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkompimcam) Tegal Timur, menobatkan dua orang lanjut usia (Lansia) sebagai duta vaksinasi lanjut usia (Vaksila) yakni Suwarli Munajat alias Warli (74) dari Kelurahan Kejambon sebagai ‘Jasak Vaksila’ dan Natalia Lestariningsih alias Lia (60) dari Kelurahan Panggung sebagai ‘Jok Vaksila’ di Pendopo Kelurahan Kejambon, Senin 14 Juni 2021.

Camat Tegal Timur Dorres Indrian Nugroho mengatakan, nantinya  Warli dan Lia bukan sekadar untuk gelar semata. Keduanya memiliki tugas dan peran penting untuk menyebar informasi khusus mengenai vaksinasi kepada para Lansia.

“Mereka dengan sukacita mau menjadi Duta Vaksila. Kami meminta tolong kepada mereka untuk menjadi inspirator, motivator dan edukator perihal vaksinasi yang menyasar Lansia,” kata Dorres.

Sedangkan kendalanya menurut Dorres, masih banyak masyarakat Lansia yang belum tahu dan bahkan belum mau untuk disuntik vaksin. Bahkan pihak keluarga beranggapan bahwa vaksin tidak perlu diberikan kepada mereka karena usianya telah uzur.

“Ini tugas dari Jasak Vaksila dan Jok Vaksila, untuk mengajak dan mensosialisasi kepada sesama lansia agar bersedia di vaksin,” pungkasnya.

Sementara, Kabid P2P Dinkes Kota Tegal, Siti Halamah mengungkapkan, capaian vaksinasi Lansia sudah sekitar 28,40 persen. Meski demikian, sejak digalakkan program  Gertak Vaksila yang dimulai dari Kelurahan Kaligangsa, capaian vaksinasi mulai meningkat.

“Gerakan strategi yang dilakukan Forkompincam memang luar biasa. Vaksinasi massal memang tidak mudah maka perlu pendekatan ke masyarakat,” kata Halamah.

Menurut Halamah, apa yang dilakukan Forkompimcam Tegal Timur inovatif dan bisa ditiru wilayah lain. “Ini inovatif sekali baru ada di Tegal Timur, ada Duta Vaksila,” katanya.

Sedangkan, angka vaksinasi COVID-19 bagi warga lanjut usia (Lansia) di Kota Tegal baru tercapai 28,40 persen dari 18.592 Lansia yang menjadi target vaksin. Mereka dijemput  dibawa ke Posko PPKM Mikro, untuk divaksin.

 

 


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita