Selasa, 27/04/2021, 00:38:09
Keluarga Besar SMA Negeri 1 Kota Tegal Berduka
LAPORAN JOHARI

Kedua orang tua memegang foto Mayor Laut Eko Firmanto

PanturaNews (Tegal) – Keluarga besar SMA Negeri 1 Kota Tegal, Jawa Tengah berduka, atas tenggelamnya Kapal Selam Nanggala 402 di perairan sebelah utara Bali, beberapa waktu lalu. Pasalnya dari 53 pahlawan yang gugur, salah satunya  adalah Mayor Laut Eko Firmanto, alumni SMA Negeri 1 Kota Tegal, angkatan 2004.

Dia dikenal oleh guru dan teman temanya sebagai pribadi yang sopan serta mudah bergaul. Karena dia aktif dalam organisasi keagamaan Ikatan Remaja Mushala Baitul Ilmi (IRMUBI) SMA Negeri 1 Tegal.

Salah satu Guru Senior Bahasa Inggris SMA Negeri 1 Tegal Surono mengatakan Mayor Laut Eko Firmanto semasa menjadi muridnya, merupakan siswa yang sopan dan aktif di kegiatan keagamaan Islam IRMUBI.

Setelah mengetahui tenggelamnya Kapal Selam Nanggala 402 yang di dalam ada Mayor Laut Eko Firmanto secara pribadi, Surono mengaku selalu mengirimkan Al Fatekah setiap usai sholat.

"Karena dia pernah menjadi murid saya, kami masih ingat sosok Eko Firmanto yang juga dikenal pendiam tersebut.Insya Allah Husnul Khotimah," kata Surono

Ketua IKASMA Tafakurrozak ketika dihubungi awak media melalui sambungan telpon menyampaikan duka dan bela sungkawa yang mendalam atas gugurnya Mayor Laut Eko Firmanto dalam tugas.

Ikasma percaya bahwa Mayor Laut Eko Firmanto mati syahid. Beliau juga kebanggaan SMA Negeri 1 Tegal dan mengharumkan nama sekolah dan Alumni.

"Kami semua sedih dan bangga, beliau telah menjaga lautan Indonesia sampai akhir," ungkap Rozak sapaan akrab Tafakurrozak, Senin 26 April 2021.  

Almarhum, kata Rozak melakukan on Eternal Patro (Tugas yang  selamanya dan tidak Kembali Lagi).

"Kami keluarga Besar IKASMA mengucapkan Innalillahi Wa inna ilaihi rojiuun, semoga Almarhum diampuni dosa-dosanya dan Insya Alloh sahid karena gugur dalam tugas operasi menjaga kedaulatan lautan NKRI," ungkapnya.

Lebih lanjut Rozak mengatakan, Almarhum Mayor Laut Eko Firmanto merupakan satu satunya angkatan 2004 SMA Negeri 1 Tegal yang lolos Akademi Angkatan Laut.

"Itu merupakan kebanggaan satu angkatan. Meskipun sudah 12 tahun, tetapi beliau mampu membuat harum sekolah. Kami IKASMA sangat merasa bangga, karena kontribusi yang besar menjaga lautan Indonesia," ujar Rozak.

Menurut Rozak, Almarhum juga telah membuat harumnya nama baik IKASMA setelah kemarin tercoreng oleh oknum Paul Zhang yang mengaku-ngaku sebagai nabi ke 26 dan membenci Islam.

"Selamat jalan patriot dan syuhada bangsa

Nagabaswara Jalayudha Pamungkas, Jalaveva jayamahe.Tabah sampai Akhir,"pungkas Rozak.


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita