Sabtu, 24/04/2021, 00:42:38
Cara Unik, Sekolah Terminal Bus Dalam Memperingati Hari Kartini
LAPORAN JOHARI

Kartini Kecil Bagikan Takjil Kepada Penumpang Bus Terminal Tegal

PanturaNews (Tegal) – Siswa-siswi PAUD, TK, Kejar Paket A,B dan C sekolah terminal bus Tegal di Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) Sakila Kerti, yang siswanya 90 persen anak pangasong dan pengemis terminal punya cara unik dalam memperingati Hari Kartini tahun 2021. Dengan menggelar aksi kepedulian, membagikan takjil kepada penumpang bus di terminal Tegal, Jumat 23 April 2021. Sebelumnya, juga dilakukan pawai keliling berjalan kaii di area terminal bus Tegal.

Pengelola TBM Sakila Kerti, Dr Yusqon mengatakan, Hari Kartini sengaja diperingati setiap tahun. Karena ketokohan Kartini disebutnya sangat menginspirasi dan dekat dengan perjuangan warga belajar yang merupakan perempuan yang sebagian besar berprofesi sebagai pengasong.

Kartin-kartini kecil dengan memakai pakain adat seperti baju kebaya, blangkon, baju lurik bahkan ada yang pakai seragam layaknya  TNI, Polri dan dokter , Mereka mengikuti pawai yang diselenggarakan PKBM Sakila Kerti  dengan mengelilingi komplek terminal. Bahkan anak-anak mereka, harus naik turun bus untuk membagikan takjil kepada penumpang. Alhasil, aksi anak-anak PAUD itu pun mendapat apresiasi para penumpang bus sore itu.

Tak mau ketinggalan ibu-ibu pengasong dan pengemis terminal juga ambil bagian dalam memperingati Hari Kartini, dengan memakai baju kebaya dan berdandan. Wajah-wajah yang keseharian kusam karena semprotan knalpot bus, hari itu nampak kinclong.    

“Kali ini uniknya bertepatan dengan bulan puasa, jadi anak PAUD dan kejar paket menggelar kegiatan lebih banyak ke bakti sosial, seperti bagikan takjil,” kata Yusqon.

Dalam kesempatan itu, turut dihadiri istri Wakil Wali Kota Muhamad Jumadi, Dyah Probondari yang juga Duta Baca yang membacakan beberapa catatan RA Kartini. Serta sejumlah relawan literasi, secara bergantian membacakan puisi tentang Kartini.

Hadir pula Kapolsek Sumurpanggang Kompol Lanus, hingga Camat Margadana Cipto Darsono. Suasana terminal yang biasanya sepi pun menjadi riuh ramai karena gelaran tersebut. Lenggak-lenggok Kartini-kartini kecil menjadi pusat perhatian penumpang dan awak bus serta  warga terminal lainnya. Peringatan Hari Kartini di sekolah terminal diakhirir dengan buka puasa bersama.  

 


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita