Sabtu, 17/04/2021, 10:43:16
Hikmah Berpuasa di Saat Pandemi Covid-19
Oleh: Rafika Rahmawati

TAHUN ini kita sedang menjalani ibadah puasa Ramadhan, dan tidak lupa juga tahun ke-2 puasa masih diiringi dengan situasi pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai, bahkan entah sampai kapan akan berakhir walaupun vaksin sudah ada tetapi itu tidak menjamin kita tidak terserang virus tersebut.

Puasa merupakan suatu ibadah yang dilakukan dengan tujuan untuk menahan diri dari godaan hawa nafsu, atau hal-hal lain yang membatalkan puasa atau dilarang ataupun sebaliknya. Sedangkan bulan suci Ramadhan yaitu bulan yang istimewa yang dimanfaatkan sebagai momentum bulannya umat muslim untuk memperbanyak ibadah, dan juga memohon ampunan atas segala dosa dan khilaf yang telah diperbuat baik yang sengaja ataupun tidak disengaja atau kesalahan di masa lalu.

Ngomong-ngomong tentang puasa dan juga pandemi yang berjalan secara beriringan. Apakah ada hikmah berpuasa di situasi pandemi seperti saat ini yang mungkin bahkan bisa saja tidak pernah terfikirkan sebelumnya, dan mungkin saja mampu membuat kalian jauh lebih beryukur atas nikmat yang telah Allah SWT berikan kepada kita semua, sehingga kita bisa dikasih kesempatan untuk merasakan dan melaksanakan ibadah puasa ini.

Dibawah ini ada beberapa hikmah puasa dikala pandemi :

-1. Ibadah menjadi lebih khusyu

Pada saat puasa tiba, kita mungkin saja bisa menjadi lebih banyak meluangkan waktu yang ada untuk khusyu atau lebih fokus dalam menjalankan ibadah dan tidak dilakukan secara tergesa-gesa. Misalnya saja seperti, lebih tepat waktu dalam melaksanakan shalat wajib lima waktu, yang mungkin dihari-hari biasanya sering kita tunda-tundah atau bahkan sampai lupa tidak melaksanakan shat fardu.

Ditambah lagi sekarang masih dalam situasi pandemi dan pemerintah masih menerapkan peraturan Social Distancing atau menjaga jarak Kurang lebih 1 meter. Tentu saja hal ini bisa membuat kita menjadi lebih fokus dalam melakukan ibadah walaupun kita harus tetap mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan Atau bahkan ada yang mengerjakan ibadah-ibadah atau solat sunnah lainnya dirumah dengan keluarga tercinta.

-2. Menambah Amal Shalih

Moment ibadah puasa juga bisa dijadikan sebagai ladang atau tempat untuk berlomba-lomba mencari pahala sebanyak-banyaknya. Karena tidak seperti bulan-bulan yang lain. Disaat bulan puasa seperti saat ini, Allah SWT memberikan pahala berkali-kali lipat kepada hambanya yang melaksanakan ibadah dan bersedekah.

Oleh karena itu, bagi orang-orang yang mungkin saja mempunyai harta yang lebih, untuk memperbanyak amal shalih bisa dilakukan dengan cara bersedekah membantu orang-orang yang lebih membutuhkan, seperti faqir miskin atau yang lainnya. Atau bahkan bisa diberikan kepada orang-orang yang terdampak Covid-19, karena semenjak ada wabah Covid-19 banyak orang yang terkena PHK dan tidak mempunyai penghasilan.

-3. Lebih Banyak Waktu Dengan Keluarga

Kalian mungkin merasakan perbedaan puasa sebelum pandemi dan saat pandemi mungkin puasa sebelum pandemi banyak anak atau bahkan orang tua yang kerja dikantor, karena pulang kerja larut malam jadi tidak bisa merasakan buka puasa bersama.

Coba bandingkan dengan setelah adanya pandemi seperti saat ini? orang tua atau bahkan anak yang mungkin sedang WFH atau sekolah daring bisa merasakan nikmatnya berbuka puasa di rumah kumpul bersama dengan keluarga tercintam Quali Time bersama keluarga juga semakin banyak dan berkualitas, tidak seperti sebelum-sebelumnya.

Sungguh sangat nikmatnya waktu berkumpul bersama dengan keluarga yang sudah Allah SWT berikan dalam kondisi seperti sekarang ini. Oleh karena itu, kita wajib bersyukur atas apapun yang telah Allah kehendaki pada umat-Nya, dalam keadaan sulit sekali pun.

-4. Memperhatikan Kesehatan dan Kebersihan

Semenjak adanya pandemi COVID-19 kita menjadi lebih peduli lagi dengan kesehatan dan juga kebersihan. Semenjak virus ini muncul dan menyebar luas di wilayahIndonesia, kita semakin rajin untuk menjaga kesehatan dan kebersihan agar terhindari dari virus tersebut.

Pola hidup bersih dan sehat tersebut akhirnya mampu menciptakan pola hidup yang lebih baik lagi, terutama di bulan Ramadhan seperti saat ini. Bahkan bisa jadi kebiasaan ini juga akan membuat ibadah puasa kalian lebih maksimal lagi.

Semoga puasa kali ini, kita selalu diberi kesehatan dan selalu dalam lindungan Allah SWT aamiin, agar bisa merasakan puncak kemenangan yakni di Hari Raya Idul Fitri bersama dengan keluarga, teman, sanak saudara tercinta.

(Rafika Rahmawati adalah Mahasiswi Ilmu Komunikasi Semester 4 FISIP Universitas Peradaban Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah)

Tulisan dalam Kolom Opini ini adalah kiriman dari masyarakat. Segala tulisan bukan tanggung jawab Redaksi PanturaNews, tapi tanggung jawab penulisnya.

 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita