Jumat, 01/06/2018, 16:24:33
Kapolres Kendal Inpektur Upacara Hari Lahir Pancasila
LAPORAN ADANG PURNOMO

Kapolres Kendal AKBP Adiwijaya SIk, inspektur upacara Hari Lahir Pancasila di Kabupaten Kendal. (Foto: Adang Purnomo)

PanturaNews (Kendal) - Pemerintah Kabupaten Kendal Jawa Tengah gelar upacara untuk memperingati hari lahirnya Pancasila, Jum'at 1 Juni 2018, di alun-alun Kota Kendal. Sebagai Inspektur upacara adalah KaPolres Kendal, AKBP Adiwijaya SIk.

Upacara dihadiri oleh Wakil Bupati Kendal Masrur Masykur, Sekretaris Daerah Kendal Moh. Toha, ST. M.Si, Dandim 0715/Kendal Letkol Czi Hendro Edi Busono, Ketua DPRD Kendal Prapto Utono, S.Sos dan Ketua PN Kendal Udjianti ,SH. MH. Hadir pula para perwakilan dari jajaran Forkopimda Pemkab Kendal.

Upacara diikuti sembilan kompi yang terdiri dari satuan gabungan TNI/Polri, PNS dinas/instansi pemerintah, BUMD-BUMN, Ormas, para pemuda dan mahasiswa, para pelajar dan pramuka. Meski dilaksanakan dalam suasana Romadhon, upacara tetap berjalan lancar, tertib dan khidmat.

Kapolres Kendal AKBP Adiwijaya, S.Ik yang membacakan amanat tertulis dari Presiden mengatakan, bahwa Pancasila adalah berkah yang indah bagi bangsa Indonesia.

"Selama 73 tahun Pancasila sebagai pemersatu bangsa, telah menjadi rumah kita bersama yang menaungi seluruh bangsa Indonesia dari berbagai komponen, menjadi falsafah hidup dan dasar negara yang kokoh," katanya.

Dikatakan, Indonesia sebagai bangsa majemuk terdiri dari 714 suku bangsa, 1.100 bahasa dan 17.000 pulau, harus tetap teguh bersatu dan menjadi bangsa yang besar yang selalu mengedepankan semangat gotong royong,

"Proses untuk menjadi bangsa yang besar dalam kemajemukan, sudah pasti memiliki resiko atau potensi intoleransi yang cukup besar," katanya.

Diakhir pidatonya, Adiwijaya menegaskan bahwa peringatan hari lahir Pancasila, harus menjadi momentum bagi seluruh komponen bangsa untuk tetap dan mampu menjaga semangat persatuan dan kesatuan bangsa serta mau berbagi sebagai sesama anak bangsa sehingga berhasil mencapai prestasi dunia.


 
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita