Tim Dokmaru Puskesmas Pondoh Jemput Pasien Dirujuk ke RS
LAPORAN RESMAN S & DEDE SUPRAPTO
Rabu, 07/04/2021, 14:24:07 WIB

Tim Dokter Masuk RumahPuskesmas Pondoh memeriksa pasien Apipah sebelum dirujuk ke rumah sakit. (Foto: Istimewa)

PanturaNews (Indramayu) - Warga tidak mampu yang sakit akut tidak perlu menunggu lama, agar bisa dirujuk ke rumah sakit. Dengan program unggulan Bupati Indramayu, Nina Agustina yakni Dokter Masuk Rumah (Dokmaru), tim dokter puskesmas akan bergerak cepat.

Gerak cepat itu, seperti yang dilakukan Tim Dokter Masuk Rumah (Dokmaru) Puskesmas Pondoh, Kecamatan Juntinyuat, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, saat menjemput pasien untuk dirujuk ke rumah sakit (RS).

Adalah Apipah (36) warga Blok Satu RT/RW 001/006 Desa Tinumpuk, Kecamatan Juntinyuat, harus mendapatkan pertolongan karena mengalami kesulitan berbicara dan lemas anggota badan sebelah kanan, serta mempuyai riwayat penyakit jantung satu tahun lalu.

Puskesmas Pondoh menerima pesan dari PSC 119 yang ada di Dinas Kesehatan tentang kondisi Apipah, tim langsung bergerak langsung. Tim tiba di rumah Apipah dalam hitungan waktu hanya 30 menit, Rabu 7 April 2021.

Tim Dokmaru yang terdiri dari camat, kepala Puskesmas, dokter, perawat, tata usaha, driver, dan juga kuwu setempat tiba di rumah Apipah pada pukul 08.15 WIB.

"Setelah dilakukan pemeriksaan, selanjutnya pasien dirujuk ke IGD RSUD Indramayu untuk mendapatkan perawatan. Namun karena IGD RSUD penuh, pasien akhirnya dirawat di RS MM," kata Kepala Puskesmas Pondoh, Tarno.

Sementara Camat Juntinyuat, Muhammad Nurulhuda mengatakan, Tim Dokmaru di wilayahnya berkomitmen untuk menanggapi laporan masyarakat secepat mungkin, sehingga pasien tidak terlalu lama menunggu.

"Pasien Apipah memiliki Kartu Indonesia Sehat (KIS) jadi pelayanannya cepat, sehingga tidak perlu pengurusan dokumen dari awal," jelasnya.