Gantikan Fikri, Muhammad Haris Ketua DPW PKS Jawa Tengah
LAPORAN SL. GAHARU
Senin, 28/12/2020, 13:49:03 WIB

Muhammad Haris (keempat dari kanan) terpilih menjadi Ketua Umum DPW PKS Jawa Tengah periode 2020-2025 dalam Musyawarah Wilayah V PKS Jateng. (Foto: Dok/PKS)

PanturaNews (Semarang) - Muhammad Haris dilantik sebagai Ketua Umum Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jawa Tengah periode 2020-2025 dalam Musyawarah Wilayah V PKS Jateng, Minggu 27 Desember 2020 di Hotel Patra, Semarang.

Haris terpilih sebagai Ketua DPW PKS melalui proses pemilihan dan musyawarah Dewan Pimpinan Tingkat Pusat Partai Keadilan Sejahtera. Surat Keputusan yang dibacakan secara virtual oleh Zainudin Paru selaku Wasekjend DPP PKS Bidang Politik, Hukum dan HAM, Haris dilantik beserta dengan 8 pengurus Dewan Pengurus Tingkat Wilayah PKS Jateng periode 2020-2025 lainnya.

Yaitu Solihin sebagai Ketua Majelis Pertimbangan Wilayah (MPW), Abdul Ghofar selaku Sekretaris MPW, Rohadi Widodo sebagai Wakil Ketua DPW, Arifin Musthofa Sebagai Sekretaris DPW, M. Afif sebagai Bendahara, Hatta Syamsudin sebagai Ketua Bidang Kaderisasi, Jasiman sebagai Ketua Dewan Syariah Wilayah (DSW), Tamim Aziz Sebagai Sekretaris DSW.

Menurut Ketua DPP Bidang Pembinaan Wilayah, DR. H. Abdul Fikri Faqih dalam arahannya komposisi pimpinan PKS Jawa Tengah saat ini banyak diisi oleh wajah baru.

“Proses regenerasi berjalan optimal, 8 dari 9 adalah orang baru di DPTW PKS Jateng. Pak Haris ditunjuk untuk mengomandani DPW,“ tuturnya.

Selain itu Wakil Ketua Komisi X DPR RI ini, juga menambahkan bahwa Muswil V ini juga akan diikuti oleh pergantian kepemimpinan partai di tingkat kabupaten/kota, yang rencananya SK akan dibacakan Senin (28/12) ini secara serentak seluruh Indonesia.

“Kita berharap Desember ini konsolidasi partai selesai, masuk 2021 PKS akan fokus pada pelayanan masyarakat,“ ujar Fikri.

Dalam sambutanya, Muhammad Haris menegaskan bahwa PR yang harus segera dilaksanakan adalah konsolidasi di tingkatan Kecamatan, Desa dan sampai ke tingkatan kader.

“PKS mengemban tagline baru Pelayan Bagi Rakyat, untuk merealisasikannya kader harus solid dan mau mendengar dan membantu masyarakat,” tegas Haris.

Haris yang saat ini juga mengemban amanah sebagai Wakil Wali Kota Salatiga, bukan wajah baru dalan perpolitikan Jawa Tengah karena pada tahun 2000-2005 Haris pernah menjadi ketua DPW PKS. Dia dinilai memiliki kapasitas dan rekam jejak yang cukup baik untuk memimpin PKS Jawa Tengah mengarungi konstelasi politik dalam 5 tahun ke depan, juga dalam memimpin PKS untuk terus mengabdi kepada rakyat.

Haris menambahkan, agenda selain selesai konsolidasi internal adalah segera bergandengan tangan dengan semua elemen masyarakat Jawa Tengah untuk bisa melewati krisis akibat pandemi COVID-19 ini.

“Pilkada sudah usai, di Jawa Tengah PKS berkoalisi dengan seluruh partai, saatnya kita membantu pemerintah daerah untuk melayani masyarakat agar musibah wabah ini bisa segera teratasi,” tegasnya.

Doktor ilmu Politik ini juga mengapresiasi kinerja pengurus periode sebelumnya, serta memohon doa restu dari para kader agar selalu amanah, dan diingatkan agar tidak melenceng dalam mengemban amanah.

“Saya mohon doa dan dukungan dari para kader untuk bersama-sama membawa PKS menjadi partai besar, apa yang sudah baik dicanangkan oleh Pak Fikri akan kita lanjutkan, evaluasi dan catatan akan kita jadikan bahan untuk meraih 3 besar dalam pemilu 2024 nanti, ” pungkasnya.