Pelari Maluku-Jakarta Singgah di Brebes, Temui Jokowi
LAPORAN TAKWO HERIYANTO
Rabu, 16/09/2020, 15:37:00 WIB

Jefry disambut jajaran pengurus KONI dan PASI untuk melepas larinya dari Kantor KONI Brebes. Jefry usai bertandang ke Kantor KONI Brebes langsung melanjutkan larinya (Foto: Takwo Heriyanto)

PanturaNews (Brebes) - Seorang pelari asal Tobelo Maluku Utara, Jefry Hamangau, nekat berlari menempuh jarak dari Maluku-Jakarta untuk menemui Presiden Joko Widodo di Istana Negara. Kini, Jefry telah melintas di Jalur Pantura dan menyempatkan diri singgah di Kota Brebes, Rabu 16 September 2020.

Kedatangan pelari single di Kota Bawang Merah ini, disambut para pengurus KONI dan PASI Kabupaten Brebes di pintu perbatasan Kota Tegal - Kabupaten Brebes, di jalur pantura Kaligangsa Wetan, Kecamatan Brebes. Selanjutnya, Jefry bertandang di Kantor KONI Brebes untuk beristirahat sejenak.

Dalam perjalanannya di Brebes, Jefry didampingi kua pelari asal Kabupaten Tegal. Rencananya ia akan bermalam sehari di Kota Bawang, yang selanjutnya melanjutkan perjalanan ke Kabupaten Cirebon Jawa Barat.

Ditemui disela-sela istirahatnya di Kantor KONI, Jefry Hamangau mengaku, dirinya mulai berangkat dari kampungnya untuk melakukan perjalannya dengan berlari ke Jakarta sejak 20 Agustus lalu.

Ia menargetkan perjalanan berlari Maluku-Jakarta akan ditempuh tidak kurang dari satu setengah bulan. Namun informasi terakhir yang diterima saat ini Jakarta sedang menerapkan PSBB, sehingga diperkirakan targetnya akan molor. Itu dimaksudkan agar saat tiba di Jakarta PSBB sudah selesai.

"Saya berangkat sejak 20 Agustus lalu. Melintasi Surabaya hingga saat ini tiba di Brebes dan singgah di Kantor KONI Brebes," terang Jefry, yang merupakan atlet fitnes ini.

Jefry menuturkan, perjalanan dengan berlari antara Maluku-Jakarta dilakukan, karena ingin bertemu Presiden Jokowi. Dirinya bertemu Presiden untuk mengutarakan keinginannya, yakni menjadi prajurit TNI.

"Alasan saya lari dari Maluku-Jakarta karena mau bertemu Pak Jokowi untuk mengutarakan niatnya agar bisa diterima sebagai prajurit TNI. Itu saja," harap Jefry.

Ketua KONI Brebes Ahmad Zaeni melalui Sekretaris KONI Brebes, Tri Budi Hermanto mengatakan, KONI Brebes bersama PASI Brebes menyambut Jefry sebagai bentuk apresiasi atas semangatnya. Sebab, kecintaanya kepada olahraga lari menjadi bekal melakukan aksi lari Maluku-Jakarta.

Diharapkan, upaya yang dilakukan Jefry itu bisa mendorong dan membangkitkan dunia olahraga, khususnya cabang lari. "Kami simpati atas upaya Jefry ini, dan memberikan apresiasi atas semangatnya ini," ungkapnya.

Dia menambahkan, sesuai rencana Jefry akan bermalam sehari di Brebes, tepatnya di Kecamatan Tanjung. Usai itu, baru melanjutkan perjalanan ke Jawa Barat.

"Setelah dari Kantor KONI ini, Jefry akan berlari menuju Tanjung dan bermalam di sana. Baru, esok harinya melanjutkan perjalanan ke Cirebon," pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Umum PASI Brebes, Nanang Raharjo, pihaknya beserta jajaran pengurusnya memberikan apresiasi yang setingi-tingginya.

"Kami memberikan apresiasi yang tinggi. Apalagi dalam analisis kami, Jefry satu-satunya pelari di Indonesia yang menempuh jarak jauh. Semoga apa yang di cita-citakan bertemu Presiden Jokowi untuk menjadi prajurit TNI dapat terwujud," harapnya.