Sambangi TKM Pedeslohor, Dewi Aryani: Bukti Kekompakan Warga
LAPORAN SL. GAHARU
Sabtu, 05/09/2020, 16:58:24 WIB

Anggota Komisi 9 DPR RI, Dr. Hj. Dewi Aryani saat melihat pembuatan jajanan di kelompok tenaga kerja mandiri Tata Boga Desa Pedeslohor. (Foto: Dok/Tim DeAr)

PanturaNews (Tegal) - Pada kunjungan kerja perorangan di daerah pemilihan (Dapil) Jawa Tengah IX yang meliputi Kota-Kabupaten Tegal, Anggota Komisi 9 DPR RI, Dr. Hj. Dewi Aryani, Msi menyambangi kelompok tenaga kerja mandiri (TKM) Tata Boga di Desa Pedeslohor, Kecamatan Adiwerna, Kabupaten Tegal, Sabtu 05 September 2020.

“Kunjungan ke TKM Tata Boga Desa Pedeslohor saya lakukan setelah ceremonial penyerahan beasiswa di SMP NU Kalijaga Adiwerna,” ujar Dewi Aryani yang akrab disapa DeAr.

Kelompok tenaga kerja mandiri (TKM) Tata Boga di Desa Pedeslohor, adalah binaan Dewi Aryani yang dibentuk sejak bulan Juli 2019, bersama ratusan TKM di Dapil Jawa Tengah IX yakni di Kota Tegal, Kabupaten Tegal dan Kabupaten Brebes.

“Kelompok TKM Tata Boga Desa Pedeslohor sekarang ini sudah mandiri dan menerima banyak pesanan catering. Ini adalan bentuk kekompakan antar warga, sehingga bisa membantu perekonomian mereka,” tutur Dewi Aryani.

Dikatakan politisi PDI Perjuangan ini, pembentukan pada Juli 2019 dibarengi dengan memberikan bantuan sarana usaha (BSU) dan peralatan program tenaga kerja mandiri (TKM) tata boga.

Selain bantuan peralatan, juga diberikan pengarahan untuk teknis pemasaran produknyanya sehingga bisa menambah penghasilan ibu-ibu, dan meningkatkan ketrampilan tata boga, sekaligus menciptakan pengusaha tata boga di desa-desa binaan.

“Program ini untuk membangun spirit kemandirian dalam usaha produksi kue-kue atau jajanan khas Tegal yang bisa dijual ke masyarakat,” ujar Dewi Aryani.

Dengan keberhasilan Kelompok TKM Tata Boga Desa Pedeslohor ini, Dewi Aryani bangga. Puhaknya terus memberi semangat agar usaha yang dirintis ibu-ibu di desa itu, semakin besar.

“Keberhasilan ibu-ibu di Desa Pedeslohor, juga diikuti Kelompok TKM Tata Boga. Bila ada waktu dan kesempatan, saya juga akan silaturahmi ke kelompok lainnya,” katanya.

Pada kesempatan kunjunganya itu, Dewi Aryani juga memantau ketersediaan pupuk di Kecamatan Adiwerna, Kabupaten Tegal. Hal itu dilakukan, karena banyak laporan masuk, bahwa pupuk saat ini sulit dicari atau ketersediaannya terbatas.

“Banyak laporan yang masuk ke saya, pupuk di Kecamatan Adiwerna mengalami kelangkaan. Saya akan kordinasi dengan dinas-dinas terkait, agar ketersediaan pupuk untuk petani mencukupi,” pungkas Dewi Aryani.