Tiga Pilar Blusukan ke Pasar Pagi, Sosialisasikan Protokol Kesehatan
LAPORAN JOHARI
Jumat, 28/08/2020, 16:59:50 WIB

Kapolres dan Dandim, blusukan ke pasar pagi

PanturaNews (Tegal)- Guna  menginplementasikan Instruksi Presiden No. 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019. Tiga pilar dari TNI, Polri, dan Pemkot Tegal blusukan ke Pasar Pagi dan Mall mensosialisasi protokol kesehatan, Jumat 28 Agustus 2020.

Kapolres Tegal Kota AKBP Rita Wulandari menegaskan,  kegiatan tersebut guna menginplementasikan Instruksi Presiden No. 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019.

"Kalau dulu masyarakat melakukan 3M, sekarang jadi 4M yakni menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga jarak dan menghindari kerumunan," kata  AKBP Rita Wulandari.

Dalam kegiatan pagi itu hadir langsung Komandan Kodim 0712 Tegal Letkol Inf Sutan Pandapotan Siregar, Komandan Lanal Tegal Letkol Mar Ridwan Azis, serta Wakapolres Tegal Kota Kompol Joko Wicaksono.

Wakapolres Tegal Kota, Kompol Joko Wicaksono bahkan berdandan ala tokoh pewayangan (Arjuna) untuk memberikan kesan menghibur masyarakat. Selain Joko, ada juga anggota polisi lain yang berdandan tokoh pewayangan lainnya.

"Kami di sini tiga pilar bersinergi, melakukan upaya pendisiplinan dalam rangka adaptasi kebiasaan bayu. Membawa tokoh pewayangan, sebagai simbol untuk menjadi teladan," kata Rita.

Komandan Kodim 0712 Tegal Letkol Inf Sutan Pandapotan Siregar, mengatakan, menindaklanjuti Inpres, Permendagri, hingga Perwal, nantinya bagi warga yang masih membandel bisa dijatuhi sanksi.

"Ada tahapan mulai dari pembinaan hingga terakhir sanki administrasi. Namun kita terus menerus semua komponen bangsa tetap mengingatkan agar semua masyarakat melaksanakan 4M. Sebelum diterapkan sanksi, terus menerus kita mengingatkan," kata Sutan.

Komandan Lanal Tegal Letkol Mar Ridwan Azis, menambahkan, upaya sosialisasi dan penegakan disiplin akan terus dilakukan semua komponen bangsa, termasuk unsur TNI.

"Termasuk memasang spanduk untuk terus mengingatkan masyarakat agar kemana mana selalu disiplin protokol kesehatan seperti menggunakan masker," tegas Aziz.