ASN Dishub Ikuti Pelatihan Lampu Penerangan Jalan Umum
LAPORAN JOHARI
Kamis, 27/08/2020, 21:59:33 WIB

Pemateri Windya Aqsanto pada Pelatihan Kelistrikan Penerangan Jalan Umum (PJU) di Hotel Karlita

PanturaNews (Tegal) - Puluhan ASN dari berbagai dinas se Karesidenan Pekalongan dan Kabupaten Cirebon, mengikuti peletihan kelistrikan penerangan jalan umum  (PJU) yang digelar PT Titisari Distributor Lampu Siklon Bagian Barat di Karlita Hotel Tegal, Kamis 27 Agustus 2020.

Pemateri Windya Aqsanto menjelaskan, materi pelatihan mengenai pengenalan produk, fitur-fitur yang ada dalam produk. Menurutnya, lampu sebenarnya semuanya sama, tapi untuk LED Siklon ada sesuatu yang berbeda. Salah satu contohnya, aplikasi Samson smart System (Siklon Asset Management System Online).

"Aplikasi tersebut dapat membantu tupoksinya Dinas dalam rangka mengontrol pemakaian PJU dan mengontrol lampu-lampu yang mati," kata Windya Aqsanto.

Lebih lanjut menurutnya, fitur lainnya yaitu soft start. Itu satu solusi untuk menangani lampu-lampu yang trid. Misalnya harusnya kapasitas 2 A tapi ini bisa memanjang sampai 5 A.

"Pada saat naik ke 5 A itu akan trid, tapi dengan tehnologi soft start ini, hal itu tidak akan terjadi," jelasnya.

Sehingga, lanjutnya, memudahkan Dinas mengatur posisi lampu agar tetap menyala sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan oleh masing masing pengguna. LED Siklon juga bisa dipasanga di daerah yang berkabut, namun warnanya agak kuning agar pencahayaan bisa tembus kabut.

Direktur Utama PT Titisari Ahmad Muslih menjelaskan, kegiatan ini merupakan pelatihan perawatan PJU LED produk dari Siklon, diikuti sekitar 40 peserta yang merupakan ASN se- Karesidenan Pekalongan dan Kabupaten Cirebon.

Keempat puluh peserta, kata Muslih terdiri dari Dinas Perhubungan Kabupaten Cirebon, Dinas PUPR Kota Pekalongan, Disperkim Pemalang, PUPR Kota Tegal dan Disperkim Kabupaten Pekalongan yang kesemuanya sudah menggunakan produk dari lampu Siklon.

"Jadi para peserta kita latih cara perawatan lampu LED Siklon agar memudahkan mereka dalam merawat lampu tersebut,"jelas Muslih.