Anggota DPRD FPKS Fasilitasi Wifi Gratis Untuk Pelajar dan Mahasiswa
LAPORAN JOHARI
Rabu, 26/08/2020, 00:53:54 WIB

Pelajar Memanfaatkan Wifi gratis di rumah Zaenal Nurohman

PanturaNews (Tegal) – Di tengah pandemi covid-19 yang mengharuskan anak sekolah belajar di rumah (daring), tentunya  membuat keresahan orang tua karena harus mengeluarkan anggaran untuk membeli quota internet agar anaknya bisa belajar dan mengerjakan tugas dari sekolah.

Bentuk kepedulian kepada warga yang terdampak covid-19, anggota DPRD Kota Tegal Zaenal Nurohman dari Fraksi PKS menyediakan fasilitas wifi gratis bagi pelajar dan mahasiswa untuk belajar daring, yang disediakan setiap hari Senin-Jumat, mulai pukul 08.00-14.00 WIB.

Teras rumahnya di Jalan H Sriyono Kelurahan Sumurpanggang, Kecamatan Margadana, disulap layaknya tempat belajar. Selain memberikan fasilitas internet gratis, juga memberikan minuman dan makanan ringan ala kadarnya.

“Inisiatif wifi gratis ini, berawal dari kegelisahan warga sekitar yang membutuhkan kuota internet cukup besar untuk belajar daring anak-anaknya,” kata Zaenal ditemui di kediamannya, Selasa 25 Agustus 2020.

Menurutnya, penggunaan internet secara bersamaan, dibatasi maksimal 15 anak. Hal itu untuk menghindari kerumunan berlebihan (Jaga jarak) mengingat pandemic covid-19 belum selesai. Bagi siswa yang belajar diwajibkan bermasker dan cuci tangan. Pihaknya juga mengerjakan dua orang operator untuk  memantau siswa yang belajar, jangan sampai wifi gratis ini digunakan untuk game atau buka-buka youtube.

“Meski gratis kami juga turut mengawasi, agar mereka tidak main game dan buka youtube. Ada 2 orang operator untuk mengawasi dan membukakan paswod. Maksimal 15 orang dengan lama belajar maksimal 2 jam. Selanjutnya  diganti dengan yang lainnya,” ungkap Zaenal.

Untuk siswa SD bisa didampingi orang tuanya, agar orang tua juga tau bagaimana cara belajar sekolah  menggunakan Hp.

“Selain wifi gratis, kami juga menyediakan minum dan snack alakadarnya untuk menemani proses belajar,” imbuhnya. .

Rencananya, layanan itu akan terus dibuka selama sekolah masih menerapkan pembelajaran jarak jauh (PJJ).  “Internet gratis khusus untuk pelajar dan mahasiswa, mulai dibuka kemarin hari Senin sampai sekolah mulai menerapkan KBM tatap muka ,” kata dia.

Salah satu orang tua siswa, Waetun warga Kelurahan Cabawan, Kecamatan Margadana mengaku sangat terbantu adanya fasilitas wifi gratis. Salah satunya, bisa mengurangi beban ekonomi untuk membeli kuota.

“Anak bisa mengerjakan tugas dengan lancar tidak menumpuk karena dikerjakan setiap hari. Zaman lagi begini ada Corona, ya alhamdulillah pak Zaenal meringankan beban kita. Alhamdulillah sangat terbantu,” kata ibu dari Humaira Nadia Zamir siswa kelas 5 SD.