Teman Yang Hebat Adalah Motivasi Kesuksesan Terbesar
Senin, 24/08/2020, 10:54:29 WIB

(Nurul Afidatul Ummah adalah Mahasiswi Universitas Peradaban Bumiayu Kabupaten Brebes prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Gadis yang tinggal di Krajan Taraban, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes ini, dari kecil sangat senang membaca buku cerita. Hobi menulis cerita juga sangat menyukai sesuatu yang berbau seni seperti puisi dan musik. Mengidolakan penyair legendaris salah satunya Chairil Anwar. Musisi idolanya adalah Iwan Fals karena semua lagunya mengandung nilai-nilai sosial. Cita-citanya ingin menjadi seorang dosen dan karya-karyanya yang sedang dirintis ini bisa menjadikanya menjadi seorang penulis ternama)

TEMAN adalah seseorang yang bukan siapa-siapa, bahkan orang lain. Terkadang kita hanya membutuhkan seseorang tersebut ketika ada di lingkungan tertentu. Pastinya tidak akan bersama setiap harinya. Namun, pada kenyataannya seorang teman justru sangat berpengaruh besar dalam meraih kesuksesan.

Setiap orang pasti berbeda-beda dalam mengartikan kata teman. Ada sebagian orang yang memberikan pendapat bahwa dalam kehidupan harus pandai dalam memilih teman dan sebagian orang lagi berkata entah siapa pun temanmu jati diri ada pada diri sendiri. Jadi, maksudnya bertemanlah dengan siapa saja antara perilaku sikap baik dan buruk itu ada pada diri kita sendiri dalam menyikapinya. Dalam kehidupan kita tidak boleh memilih-milih dalam berteman karena kita hidup sebagai makhluk sosial jadi harus bisa menghormati dan menghargai sesama umat manusia.

Seorang teman memang sangat berpengaruh besar dalam kehidupan entah itu pengaruh positif ataupun negative. Jika dalam kehidupan kita menemukan teman yang banyak mengarah pada perilaku negative sikapilah teman tersebut dengan bijak agar kita tidak terjerumus ke dalam perilaku negatif tersebut.

Namun, jika sebaliknya kita telah menemukan seorang teman yang menjerumuskan pada perilaku positif ikutilah arahan yang baiknya. Jadikanlah dia sebagai motivasi hidup. Meskipun kita menemukan teman yang memiliki pengaruh besar dalam hal negative lihatlah pada diri sendiri kalau seorang manusia tidak ada yang sempurna pasti dalam diri kita sendiri juga memiliki banyak sisi negatifnya. Tidak perlu untuk memutuskan hubungan pertemanan dengannya, jadilah manusia yang bisa memposisikan diri sebagai seseorang insan yang baik. Lebih baik kita mengajaknya untuk merubah dirinya untuk masuk ke dalam hal yang positif.

Apapun yang telah kita lakukan dengan hal yang positif pasti akan berakhir dalam kebaikan jadi teruslah untuk menjadi diri sendiri. Seorang teman yang banyak berpengaruh dalam hal yang positif dan memberikan kita iri kepada orang tersebut justru membuat kita akan menjadi orang yang berguna. Sikap iri pada orang yang hebat lebih baik terus di kembangkan dalam kehidupan. Karena itu merupakan motivasi terbesar yang harus di miliki.

Jati diri memang harus berpendirian teguh pada diri sendiri tetapi sikap yang ada pada diri teman yang hebat harus di contoh dengan penuh keyakinan. Teman yang memiliki pemikiran untuk menuju masa depan yang cerah pasti akan bersungguh-sungguh dalam setiap tindakan baiknya. Karena kalau kita berteman dengan kebaikan atau kejahatan yang ada pada diri teman kita, secara tidak langsung pembiasaan sifat kebaikan dan kejahatan itu dapat kita nikmati.  

Terkadang tanpa sengaja kita akan merasakan dengan sendirinya, tetapi ego lah yang sangat susah untuk merubah keadaan itu. Di sinilah teman yang baik dan buruk akan bereaksi, semua pilihan ada di tangan kita. Pada intinya jadilah diri sendiri dengan pribadi yang baik, bahwa perlunya kita untuk mencari teman yang baik agar kebaikan itu dekat dengan kita, justru sebaliknya kita berteman dengan orang yang buruk maka kejahatan itu pula akan mendekati kita.

Teman yang baik akan selalu mau mendengarkan keluhan-keluhan kita dengan memberikan solusi dalam hidup kita. Maka dari itu janganlah berpikir negative terhadap teguran teman-teman kita agar tidak melakukan kegiatan-kegiatan yang buruk. Janganlah mempertahankan ego sehingga kita pun menolak untuk berteman dengan mereka, ini adalah kesalahan fatal yang pernah di lakukan. Pandailah berinteraksi dalam hidup sebagai makhluk sosial.

Belajarlah dari teman yang buruk karena mereka juga masih mempunyai kebaikan kecuali yang telah tertutup hatinya. Dari teman yang buruk kita dapat memperoleh pengalaman untuk tidak melakukan perbuatan tersebut, karena apa yang telah mereka lakukan itu dapat membawa sebuah pelajaran yang berharga. Setelah kita paham dalam menyikapi teman yang buruk kembalilah kepada pokok masalah yaitu berteman dengan teman yang hebat.

Di sini kita dapat mengambil banyak hikmah yang  ada pada orang tersebut. Misalnya setelah lulus SMA/SMK teman kita akan melanjutkan ke universitas negeri ternama dari situlah kita harus memiliki keinginan besar untuk seperti itu. Munculah dalam benak kita bahwa kita harus seperti itu bahkan harus melebihinya. Berpikirlah dalam kehidupan kita tidak boleh terkalahkan dalam hal kesuksesan.

Teman yang hebat akan membuat kita semakin memiliki keinginan yang besar dalam meraih kesuksesan. Setelah memasuki universitas ternama berjuanglah kembali dalam memilih program didik yang akan di pilihnya. Berpikirlah dengan matang jurusan apa yang sekiranya kita akan pilih tanpa menyesal di kemudian hari.

Untuk permasalahan ini biasanya tidak tergantung pada teman, di fase ini kita harus benar-benar yakin dengan jurusan yang sesuai dengan kemampuan kita. Namun, setidaknya seorang teman yang hebat sudah membawa kita menuju kesuksesan, meskipun masih di dalam proses. Tapi ingatlah hal ini sudah sangat luar biasa karena tanpa adanya teman yang hebat angan-angan kita masih rendah dan keinginan kita hanya berjalan di tempat tidak berusaha sekuat mungkin untuk seperti mereka yang sudah terlihat hebat. Dalam hidup kita harus melihat ke depan jika teman kita sudah berlari kita juga harus bergegas untuk mengikutinya.

Berpikirlah bahwa kehidupan di ibaratkan seekor elang yang sedang terbang bebas di atas awan. Semakin kita mengenal dunia luar kita akan semakin berwawasan tinggi dalam hal apapun. Jadilah manusia yang tidak memiliki sikap merendah terus-menerus karena itu hanya akan menghambat kesuksesan meskipun sudah dekat bahkan di depan mata sekalipun.

Teruslah memiliki keinginan yang besar meski itu semua hanya angan-angan semata dan belum tentu untuk kita capai. Tapi setidaknya kita pernah berjuang karena proses tidak akan pernah mengkhianati hasil. Teruslah memiliki tekad yang kuat bahwa kita harus menjadi orang yang hebat dan dapat melebihi seseorang teman yang hebat itu yang selama ini kita telah bercermin kepadanya. Segala sesuatu pasti bisa kita raih asalkan kita mau berusaha.

Dalam proses perjalan menggapai cita-cita yang di inginkan pasti akan menemukan lika-liku, halangan, rintangan. Percayalah pada keberuntungan pasti akan datang dan menemuinya.