Di Tegal, Hasil Swab Ulang 44 Orang Dinyatakan Negatif Covid-19
LAPORAN JOHARI
Rabu, 12/08/2020, 18:33:55 WIB

Kadinkes Kota Tegal dr. Sri Prima Indraswari, Sp.KK. MM.MH.didampingi Kabag Humas Dra. Hendiati Bintang Takarini, M.M

PanturaNews (Tegal) -  Kasus Covid-19 di Kota Tegal, Jawa ada penurunan setelah hasil swab ulang terhadap 44 orang dinyatakan negatif. Sebelumnya mereka dinyatakan positif setelah mengikuti swab massal yang digelar di Dinas Kesehatan Kota Tegal.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tegal dr. Sri Prima Indraswari, Sp.KK. MM.MH. didampingi Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Kota Tegal Dra. Hendiati Bintang Takarini, M.M. saat Press Conference tekait Covid-19, di Pendopo Ki Gede Sebayu Kota Tegal, Rabu 12 Agustus 2020.

Menurut Prima, jumlah kasus terkonfirmasi positif di Kota Tegal per tanggal 12 Agustus 2020, terdapat 36 orang warga Kota Tegal. Mereka dirawat sebanyak dua orang, isolasi mandiri satu orang, sembuh 32 orang, dan meninggal satu orang. Sedangkan bukan warga Kota Tegal, sebanyak 31 orang positif, diantaranya lima orang dirawat, satu isolasi mandiri, 22 orang sembuh dan tiga orang meninggal.

Terkait pelaksanaan swab massal oleh Dinas Kesehatan Kota Tegal, Prima merinci pelaksanaan swab di Kota Tegal. Yakni pada tanggal 30 Juli jumlah spesimen dikirim dan spesimen selesai diperika sebanyak 64 orang. Hasilnya tiga orang yang semuanya  perempuan dinyatakan positif. Kemudian dilaksanakan swab ulang, satu orang pada 6 Agustus dan dua orang pada 3 Agustus dengan hasil semuanya negatif di laboratorium swasta.

Selanjutnya pada tanggal 1 Agustus 2020 dilakukan swab terhadap 324 orang dan 276 selesai diperiksa dengan hasil 41 orang dinyatakan positif. Kemudian pada 6 Agustu 2020 sebanyak 23 orang dan pada tanggal 8 Agustus diswab ulang sebanyak 18 orang. Hasilnya sebanyak 23 orang dinyatakan negatif demikian juga hasil 18 orang dinyatakan negative. “Hasilnya yang tanggal 6 Agustus dua hari yang lalu dan yang 18 orang Selasa malam ,” ungkap Prima.

Prima juga menyebut ada swab massal kembali yang digelar pada tanggal 3 Agustus 2020 sebanyak 266 orang dan hasilnya negatif semua. “Semuanya negatif, tidak ada yang positif,” ungkap Prima yang juga menghadirikan para nakes yang telah dinyatakan negatif sesuai hasil swab ulang yang diikuti.

Sementara pada tanggal 5 Agustus 2020 dilakukan swab terhadap 60 orang dan hasilnya satu orang dinyatakan positif dan langsung dilakukan isolasi mandiri. Swab tanggal 6 Agustus dilakukan terhadap 65 orang dengan hasil semuanya negatif.

 “Secara keseluruhan, Dinkes Kota Tegal telah melaksanakan swab terhadap 779 orang dan sebanyak 731 orang telah selesai diperiksa. Masyarakat tidak usah panic,” pungkasnya.