Bea Cukai Tegal Musnahkan Jutaan Batang Rokok Ilegal
LAPORAN JOHARI
Kamis, 30/07/2020, 19:43:34 WIB

Kepala Bea Cukai Tegal Niko Budhi Darma musnahkan rokok llegal

PanturaNews (Tegal) – Kantor pengawasan dan  Bea Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean (TMP) Tegal  memusnahkan 5.312.260 batang rokok ilegal, berbagai merk yang hampir menyerupai merk rokok legal, di halaman Kantor Bea Cukai, Jalan Sumbawa Nomor 2 Kota Tegal, Rabu 29 Juli 2020.  

Kepala Bea Cukai Tegal, Niko Budhi Darma, bersama Wakil Wali Kota Tegal, M. Jumadi, Kasat Narkoba Polres Tegal Kota IPTU Slamet Sugiharto SH dan lainnya, secara simbolis melakukan pemusnahan dengan cara dibakar. Sedangkan selebihnya sebanyak 2 truk dibakar di Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Muarareja

Menurut Kepala Bea Cukai Niko BUdhi Darma, Bea Cukai Tegal melakukan operasi dan penindakan terhadap peredaran barang kena cukai (BKC) illegal di wilayah eks Karesidenan Pekalongan. Dalam operasi tersebut berhasil dilakukan penindakan BKC illegal berupa produk hasil tembakau atau rokok yang tidak dilekati pita bea cukai. Penindakan ini dilakukan sesuai dengan ketentuan UU Nomor 39/2007 tentang perubahan UU Nomor 11/1995 tentang cukai.  

“Jadi barang yang kami sita dan sekarang dimusnahkan itu hasil Operasi Gempur semester II tahun 2019, jumlahnya 5,3 juta batang rokok, kerugian Negara akibat rokok illegal ini mencapai Rp 2,5 miliar. Mereka kirim barang lintas Jawa-Sumatera, lewat jalan tol, nah ini kami tangkap di jalan tol ,” kata Niko Budhi Darma.

 Lebih lanjut kata Niko, penanganan barang hasil penindakan dilaksanakan berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor: PMK-39/PMK.04/2014 tentang Tata Cara Penyelesaian Barang Kena Cukai (BKC) yang dirampas untuk negara atau yang dikuasai Negara, yaitu dengan menetapkannya sebagai barang milik negara untuk selanjutnya diusulkan penyelesaiannya kepada Direktorat Jenderal Kekayaan Negara.

“Pemusnahan juga berdasarkan surat persetujuan dari Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Tegal tentang persetujuan pemusnahan barang yang menjadi milik Negara,” tandasnya.

Wakil Wali Kota Tegal, M Jumadi mengatakan, atas nama Pemkot Tegal mengucapkan terima kasih dan memberi apresiasi kepada Bea Cukai Tegal Kantor Bea dan Cukai beserta jajarannya telah konsisten dalam memberantas dengan penindakan barang kena cukai berupa hasil tembakau ilegal yang beredar di Kota Tegal dan sekitarnya.

“Ini adalah bentuk sinergi dan kolaborasi yang baik dan cepat antara kantor bea dan cukai dengan aparat penegak hukum lainnya,” kata Jumadi.

Jumadi berharap kerja sama yang baik ini akan terus terjalin dalam tugasnya melindungi industri dalam negeri dan masyarakat luas.

“Dengan beredarnya barang illegal tentunya ada kerugian negara, apalagi kerugian negera mencapai Rp 2,5  miliar lebih ini sangat besar,” ujar Jumadi.