Sejarah Tentang Pedoman Kepanduan: Scouting For Boys
Minggu, 12/07/2020, 16:42:31 WIB

Versi Bahasa Indonesia. Judul Buku: Scouting For Boys. Penulis: Lord Robert Baden Powell. Halaman: V – 405. Penerjemah: Leinovar. Cetakan ke III: Maret 2019. Penerbit: Renebook (House Of Enlightenment & Eternity). ISBN: 978-602-1201-42-8

SCOUTING For Boys merupakan salah satu buku karangan Lord Robert Baden Powell yang pertama kali terbitkan dalam bentuk buku yaitu pada tahun 1908 oleh Baden Powell.

Pada tahun 1920 mulai dipergunakan secara menyeluruh, lebih tepatnya pada acara Perkemahan Jambore Dunia Pramuka yang pertama kali di Olympia, London, Inggris yang dilaksanakan dari tanggal 30 Juli sampai 8 Agustus 1920.

Pada Perkemahan tersebut diikuti oleh sekitar 8.000 orang Pandu dari 34 negara didunia. Pada Perkemahan Jambore Dunia Pramuka yang Ke-1 tersebut, terdapat sejarah yang sangat penting bagi Organisasi Kepanduan di seluruh dunia, yaitu ditetapkannya Lord Baden Powell sebagai Bapak Pandu Dunia atau Pemimpin Kepanduan di seluruh dunia.

Buku Scouting For Boys yang berarti Pemandu Untuk Putra ini, berisi tentang semua kegiatan yang dilakukan oleh Baden Powel, baik yang bersifat Pendidikan di alam maupun Pendidikan di dalam ruangan. Scouting For Boys juga berisi banyak sekali materi, atau pengetahuan yang berkaitan dengan Kepanduan yang dapat diterapkan diseluruh kepanduan di dunia.

Sebenarnya buku Scouting For Boys merupakan sebuah buku panduan militer yang digunakan oleh Boden Powel, yang merupakan anggota tentara untuk bisa bertahan hidup di alam (survival). Dalam buku ini Baden Powell memberikan definisi yang lebih jelas tentang apa itu Pramuka, mengapa dan bagaimana Pramuka dari perspektif penjelajahan dan petualangan bukan hanya dari aspek militer saja.

Beliau juga menambahkan Scout Promise (Janji Pramuka), Scout Law (Darma Pramuka), dan berbagai macam permainan untuk anak muda yang mengandung unsur pendidikan.

Selain dari sejarah tersebut diatas buku Scouting For Boys kini juga masih sering digunakan sebagai pedoman pembelajaran bagi para anggota Kepanduan dan bahkan para Pembinanya. Termasuk di negara Indonesia, buku Scouting For Boys juga sudah sangat lama dipergunakan sebagai pedoman pembelajaran dan pengetahuan bagi para Anggota Pramuka dan para Pembina Pramuka.

Bahkan setelah ditetapkan sebagai pedoman resmi bagi para Kepanduan di seluruh dunia, buku Scouting For Boys ini diklaim telah menjadi salah satu buku yang terlaris dalam sejarahnya. Buku ini juga telah diterjemahkan oleh beberapa negara untuk mempermudah proses penyerapan ilmunya.

Beberapa bagian penting yang dijelaskan dalam buku ini, antara lain adalah kegiatan berkemah, kegiatan dialam terbuka, kehidupan di Perkemahan, kegiatan Melacak Jejak, cara bertahan hidup di alam, budi pekerti seorang anggota Pramuka dan kewajiban anggota Pramuka sebagai warga negara.

Sekian semoga bermanfaat.