Ribuan Pekerja Terdampak Covid-19 Diusulkan Dapat Kartu Pra Kerja
LAPORAN TAKWO HERIYANTO
Senin, 13/04/2020, 18:36:30 WIB

Ilustrasi

PanturaNews (Brebes) - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, mengusulkan sebanyak 3.245 tenaga kerja terdampak wabah virus corona atau Covid-19, yang bekerja di pabrik-pabrik di daerahnya untuk mendapatkan Kartu Pra Kerja ke Pemerintah Pusat.

Kepala Bidang (Kabid) Hubungan Industrial dan Ketenagakerjaan Disnakertrans Brebes, Tusdi mengatakan data yang dihimpun Disnakertrans merupakan laporan dari beberapa perusahaan di Brebes. Salah satunya perusahaan yang ada di Kecamatan Kersana, yang baru saja merumahkan sementara ribuan pekerjanya.

“Data yang ada sampai Senin (13/4) hari ini, baru ada 3.245 pekerja yang kita usulkan ke Pemeruntah Pusat untuk mendapatkan kartu pra kerja,” ujar Tusdi.

Menurut Tusdi, proses atau sistem dalam pembuatan kartu prakerja bagi tenaga kerja yang dirumahkan sementara atau di PHK, yakni dengan datang langsung ke kantor Disnakertranas Kabupaten Brebes untuk di daftarkan dan diseleksi oleh Project Management Office (PMO).

“Jika dinyatakan lolos, maka pekerja akan mendapatkan notif lewat sma atau email. Dan langsung mengaktivais kartu prakerja di prakerja.go.id,” terangnya.

Namun,  bagi pencari kerja umum, dapat mendaftarkan secara mandiri ke Disnakertrans Kabupaten Brebes. “Kemungkinan jumlah para pekerja yang di usulkan mendapatkan kartu pra kerja bisa bertambah. Sebab, masih ada perusahaan yang masih beroperasi,” jelasnya.

Sementara itu, salah seorang pencari kerja umum yang mendaftarkan sebagai peserta kartu prakerja, Rafi (24), warga Desa Pesanggrahan, Kecamatan Paguyangan mengkau mendaftar, lantaran ingin mendapatkan pelatihan prakerja. Selain itu, dia juga sudah lama berhenti bekerja.

“Harapannya bisa diterima dan mendapatkan kartu prakerja. Sehingga bisa mendapat pelatihan kerja dari pada di rumah tidak jelas,” tandasnya.