Tangkal Corona, Puskesmas Pasang Wastafel di Tempat Umum
LAPORAN ZAENAL MUTTAQIEN
Kamis, 26/03/2020, 16:09:59 WIB

Kepala BLUD UPT Pukesmas Bumiayu dr Ali Budiarto (paling kiri) dan tim menyiapkan tempat cuci tangan di tempat umum. Warga melakukan cuci tangan di tempat yang disediakan. Wastafel portabel sedang dalam proses pembuatan (Foto-Foto: Dok. Zaenal Muttaqin)

PanturaNews (Brebes) - Upaya pencegahan penyebaran virus Corona atau Covid-19 terus dilakukan BLUD UPT Puskesmas Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Selain gencar melakukan sosialisasi pencegahan virus Corona dan penyemprotan disinfektan di fasilitas umum, kini juga dibagikan Wastafel atau tempat cuci tangan portabel.

Kepala BLUD UPT Puskesmas Bumiayu, dr Ali Budiarto mengatakan, salah satu cara untuk mencegah penularan virus Corona adalah rajin cuci tangan dengan sabun atau membersihkan dengan hand sanitizer.

"Saat ini hand sanitizer sulit didapat padahal sangat diperlukan oleh warga," katanya.

Menyiasati kelangkaan hand sanitizer, Puskesmas Bumiayu akan menyiapkan tempat cuci tangan portabel di tempat-tempat umum. Mencuci tangan dengan sabun lebih efektif karena hand sanitizer sulit didapat.

"Beberapa lokasi sudah kita sediakan tempat cuci tangan dan sabun," kata Ali.

Saat ini Puskesmas Bumiayu terus menyiapkan tempat cuci tangan portabel tersebut dan akan dipasang di beberapa lokasi seperti Puskesmas, pasar, perkantoran dan fasilitas umum lainnya. Wastafel portabel akan didistribusikan melalui Puskesmas-Puskesmas yang ada di bawah BLUD UPT Puskesmas Bumiayu.

"Sebagian sudah dipasang, dan Wastafel portabel juga sedang kami buat," ungkap Ali.

Dikatakan, dengan mencuci tangan di air yang mengalir pakai sabun sampai bersih bisa mencegah penyebaran virus corona, yang saat ini sedang pandemi. Virus corona sendiri sangat berbahaya, bahkan bisa menyebabkan kematian bagi penderita.

"Kami berharap penyebaran virus corona ini segera berakhir, sehingga warga tidak lagi dihantui dengan virus corona dan bisa beraktivitas dengan tenang," ungkap Ali.

Diharapkan, warga benar-benar sadar akan bahaya penyebaran virus Corona, tetapi tetap jangan panik. Terpenting warga patuh pada himbauan pemerintah untuk mencegah penyebaran virus Corona dengan tidak banyak beraktivitas di luar dan tetap tinggal di rumah.

"Penting juga melakukan physical distancing atau menjaga jarak tubuh dengan orang lain," pungkas Ali.