PSSI Brebes Gelar Seleksi Pemain Sepakbola Putri
LAPORAN TAKWO HERIYANTO
Senin, 03/02/2020, 11:04:32 WIB

PSSI Brebes melakukan seleksi pemain sepakbola putri untuk Liga Nasional. Peserta seleksi datang dari beberapa daerah di Brebes (Foto-Foto: Takwo Heriyanto)

PanturaNews (Brebes) - Asosiasi PSSI Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, menggelar seleksi pemain sepakbola putri atau kartini di Stadion Karangbirahi Brebes (SKB), Minggu 02 Februari 2020.

Seleksi pemain sepakbola putri untuk umum yang kali pertama digelar, itu merupakan salah satu program kegiatan Asosiasi PSSI Kabupaten Brebes yang di ketuai oleh Bupati Brebes Idza Priyanti.

Sebagai tim seleksi diantaranya Heri Yuliantoro, Kunadi, Thariq Aziz, Eko Purwanto dan sebagai penanggung jawab ketua bidang pembinaan usia dini dan sepakbola wanita adalah Syamsul Falah.

“Ada 150 peserta dari berbagai wilayah yang mengikuti seleksi sepakbola putri atau kartini. Diantaranya, selain dari Kabupaten Brebes, juga ada yang dari Kabupaten/Kota Tegal. Bahkan dari Cirebon Jawa Barat juga ada yang mengikuti seleksi,” ujar penanggung jawab Ketua Bidang Pembinaan Usia Dini dan Sepakbola Wanita, Syamsul Falah.

Menurut Syamsul, sebagian besar pesertanya adalah pelajar SMP dan SMA. Namun, peserta dari umum juga ada yang ikut seleksi. Mereka cukup antusias dalam mengikuti seleksi yang digelar oleh Asosiasi PSSI Kabupaten Brebes.

”Alhamdulillah mereka cukup antusias mengikuti ajang pencarian bakat sepakbola putri yang digelar oleh Asosiasi PSSI Kabupaten Brebes ini,” tutur Syamsul.

Adapun, kata Syamsul, materi seleksi yang diberikan para peserta diantaranya, selain kemampuan menendang bola, dribbling bola, pashing, juga cara melempar dan shooting.

Dalam seleksi itu, lanjut Syamsul, untuk season pertama yang semula 150 peserta, mengerecut menjadi 70 peserta. Kemudian dari 70 peserta itu, menjadi 45 dan mengerucut lagi menjadi 32 pemain.

“Jadi dari yang awalnya berjumla 150 peserta, yang lolos seleksi sebanyak 32 pemain. Nantinya 32 pemain yang lolos seleksi akan segera diumumkan lewat handphone/wathshapp masing-masing,” terang Syamsul.

Seleksi pemain sepakbola putri ini, imbuh Syamsul, nantinya ke depan untuk mengikuti ajang Liga Menpora Putri, Liga Putri Nasional dan even sepakbola nasional lainnya.

“Tentunya kami berharap mereka yang lolos seleksi aktif dalam mengikuti program-program latihan nantinya agar mampu berkembang menjadi atlet sepakbola putri yang benar-benar potensial dan berbakat,” tandas Syamsul.