Nunggak BPJS, Saripin Enggan ke Rumah Sakit
LAPORAN NINO MOEBI
Rabu, 11/09/2019, 08:56:58 WIB

Anggota DPRD Kota Tegal Fraksi PKS, Zaenal Nurohman

PanturaNews (Tegal) - Warga Kelurahan Debong Kidul, Kecamatan Tegal Selatan, Kota Tegal, Jawa Tengah, Saripin (55) tiba-tiba mendatanginya Anggota DPRD Kota Tegal dari Fraksi PKS, Zaenal Nurohman, Senin 9 September 2019 malam untuk minta pertolongan.

Saripin mengalami sakit komplikasi yang nyaris akut, karena menunggak iuran BPJS hampir satu tahun. Dia trauma menjalani perawatan di Rumah Sakit, dan berharap agar kepesertaan BPJS miliknya yang masih mandiri berubah dibiayai oleh Pemerintah.

Zaenal Nurohman yang ditemui di gedung dewan, Selasa 10 September 2019 menceritakan, saat didatangi Saripin Senin malam di rumahnya sangat terkejut.

"Saat itu, Saripin bercerita kalau kondisinya sedang menderita sakit. Namun, saat disarankan untuk pergi ke Rumah Sakit, dia tidak mau," kata Zaenal.

Setelah diminta penjelasan, ternyata Saripin sejak Desember 2018 lalu sudah tidak mampu membayar iuran BPJS. Sehingga warga itu mendatanginya untuk meminta bantuan.

"Total tunggakannya sekitar Rp1,1 juta. Dia datang karena berharap agar BPJS-nya bisa berubah menjadi BPJS yang dibiayai Pemerintah," tutur Zaenal.

Melihat kondisi Saripin dalam keadaan sakit, akhirnya Zaenal membawa ke Rumah Sakit Kardinah untuk mendapatkan perawatan.

"Saat ini Saripin sudah dirawat di ICCU RSUD Kardinah. Kami berharap agar Pemerintah Kota Tegal, bisa segera mengatasi persoalan itu," pungkas Zaenal.