SMK dan SMP Islam Manbaul Hikmah Launching Petanque
LAPORAN TAKWO HERIYANTO
Senin, 09/09/2019, 17:41:57 WIB

Sosialisasi Olahraha Petanque di SMPdan SMK Manbaul Hikmah (Foto: Takwo Heriyanto) 

PanturaNews (Brebes) - Momen Hari Olahraga Nasioanal (Haornas) tahun 2019 dijadikan momen penting bagi sekolah dibawah Yayasan Manbaul Hikmah Luwungragi, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Menyusul olahraga yang dilahirkan dari negara Perancis dengan nama cabang olahraga Petanque dihadirkan untuk extrakurikuler di SMK dan SMP Islam Manbaul Hikmah Luwungragi.

Sebagaimana diketahui, Petanque telah mengikuti PON th 2001 masuk di Indonesia dan diperlombakan pertama kalinya di Pomnas (Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional) di Aceh. Kemudian, diperlombakan pada even PON dijabar tahun 2016 PON exhibition.

Disampaiakan oleh atlet Petanque yang tergabung dalam Tugu Muda Petanque Clube (TMPC), Komarruzaman, S.Or yang menjadi guru pembina extrakulikuler olahraga Pentaque di sekolah tersebut, mengatakan, petanque sangat potensial dan terbuka sangat luas untuk prestasi baik tingkat kabupaten, Propinsi bahkan nasional.

"Apalagi olahraga pentaque ini belum tersosialiasi dengan baik di tengah masyarakat," ujarnya, Senin 9 September 2019.

"Kami sangat mengaharapkan cabang olahraga Petanque ini menjadi extrakurikuker yang dapat menyumbangkan prestasi non akademik di lingkungan Manbaul Hikmah Luwungragi," timpal Kustoro WHY, S.IP Kepala SMP Islam MH Luwungragi didampingi Kepala SMK Islam MH Luwungragi, Dewi Lentera ati S.Pd disela-sela simulasi Pentaque disekolah tersebut.

Menurutnya, guru dan anak didik sangat senang bisa praktek perdana olahraga Petanque di halaman SMP Islam Manbaul Hikmah Luwungragi.

"Seru juga asyik walaupun perlu konsentrasi," imbu Indra Apip Maulana siswa kelas 9 SMP Islam.