TMMD Sengkuyung II Brebes Resmi Dibuka
LAPORAN ZAENAL MUTTAQIEN
Kamis, 11/07/2019, 14:35:06 WIB

Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH secara simbolis serahkan alat menandai pembukaan TMMD Sengkuyung II di Desa Telaga (Foto: Zaenal Muttaqin)

PanturaNews (Brebes) - Tentara Manunggal Membangun desa (TMMD) Sengkuyung II Tahun 2019 Kodim 0713 Brebes, Jawa Tengah, di Desa Telaga, Kecamatan Bantarkawung resmi dibuka, Kamis 11 Juli 2019.

Pembukaan dilakukan oleh Bupati Brebes, Hj Idza Priyanti SE MH di lapangan desa setempat, dengan ditandai penandatangan naskah dan serah terima naskah dari Bupati kepada Dandim Brebes Letkol Infanteri Faisal Amri SE selaku Komandan Satgas TMMD. Dilanjutkan penyerahan alat peralatan kerja serta pemukulan kentongan oleh Bupati disaksikan Dandim, jajaran Forkopimda serta kepala OPD terkait lainnya.

TMMD Sengkuyung Tahap II digelar dengan sasaran fisik dan non fisik di wilayah Desa Telaga. Selain itu juga serangkain kegiatan pembangunan non fisik, diantaranya kegiatan penyuluhan-penyuluhan tentang pembangunan masyarakat.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam sambutannya yang dibacakan Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH mengatakan, melalui TMMD bersama-sama merawat gotong-royong, memacu kreativitas dan prakarsa masyarakat untuk membangun desa.

Lebih lanjut dikatakan,TMMD telah hadir meneguhkan semangat kebersamaan dan keharmonisan serta menyajikan karya nyata yang bermanfaat bagi desa. Berbagai pembangunan sarana dan prasarana perdesaan dari program ini telah dapat dinikmati oleh warga desa.

Diuraikan pula, bahwa keharmonisan dan kebersamaan atau kemanunggalan TNI-Rakyat, selama ini menjadi salah satu pilar tetap tegaknya NKRI dan merupakan suatu kekuatan yang sangat dahsyat untuk mengatasi berbagai PR bangsa seperti kemiskinan, pengangguran, pembangunan SDM dan lain-lain.

Sebagai pemimpin Jawa Tengah, Gubernur ingin masyarakat desa semakin cerdas, terampil, kreatif dan inovatif serta mempunyai kualitas yang mumpuni sebagai modal dasar membangun desanya agar hidup secara leih baik, sehat dan sejahtera.

"Untuk meraih cita-cita bersama agar desadesa di Jateng semakin baik, maju, mandiri, makmur sejahtera, marilah kita optimalkan berbagai program kegiatan yang melibatkan lintas sektoral melalui TMMD Reguler ini,” kata Idza membacakan sambutan Ganjar.

Sementara Bupati Idza Priyanti juga berpesan, jika sinergitas lintas sektoral dan kemanunggalan rakyat bersama TNI dapat terealisasi dengan baik, maka akselerasi pembangunan infrastruktur umum di daerah pedesaan, desa miskin, terisolir, terpencil atau daerah kumuh perkotaan, kualitasnya akan maksimal.

"Adanya sinergitas lintas setoral dan kemanunggalan rakyat dengan TNI maka pembangunan akan lebih maksimal," pungkasnya.