Gagal Negosiasi, TPS 05 Kejambon Laksanakan PSU
LAPORAN NINO MOEBI
Sabtu, 27/04/2019, 13:57:10 WIB

Warga Kelurahan Kejambon, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal melaksanakan pemungutan suara ulang (Foto: Dok/Nino)

PanturaNews (Tegal) - Proses Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilu 2019 di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 05 Kelurahan Kejambon, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal, Jawa Tengah, akhirnya dilaksanakan, Sabtu 27 April 2019. 

Ketua KPU Kota Tegal, Elvy Yuniarni saat dikonfirmasi mengatakan, PSU digelar setelah adanya rekomendasi dari Bawaslu. Meski sebelumnya sempat diupayakan proses negosiasi, namun Bawaslu tidak mencabut rekomendasi.

"Tadi malam kita sudah berupaya mengirimkan surat ke Bawaslu. Tapi dari sana mengirimkan kembali surat untuk tetap menggelar PSU. Akhirnya kita melaksanakan Pemungutan Suara Ulang," tutur Elvy.

Menurut Elvy, persiapan pelaksanaan PSU sebenarnya sudah disiapkan sejak kemarin. Namun, pihaknya tetap mengupayakan Koordinasi agar rekomendasi dicabut.

Elvy menyebutkan, persoalan yang dipermasalahkan Bawaslu sebenarnya sudah bisa dijawab. Diantaranya, terkait pemilih yang tidak terdaftar di DPT dan DPTb serta memiliki C6.

"Saat itu blanko C6 sudah dilampiri A5 sebagai syarat pemilih pindahan. Bukti-bukti kesesuaian itu juga sudah ada di A4," terangnya.

Sebelumnya, Ketua Bawaslu Kota Tegal, Akbar Kusharyanto mengatakan pihaknya merekomendasikan agar dilakukan PSU. Sebab, ada beberapa temuan yang didapatkan saat melakukan investigasi.

"Temuan itu diantaranya ada pemilih yang tidak terdaftar dalam DPT dan DPTb menggunakan KTP Elektronik atau Suket mencoblos bukan di lokasi terdekat. Kemudian juga pemilih yang tidak memiliki A5," pungkasnya.