Kunker ke Brebes, Ganjar Pranowo Beri Bantuan RTLH
LAPORAN TAKWO HERIYANTO
Senin, 15/04/2019, 19:43:51 WIB

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berdialog dengan warga (Foto: Takwo Heriyanto)

PanturaNews (Brebes) – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kabupaten Brebes, dengan menyerahkan bantuan perbaikan Rumah Tak Layak Huni (RTLH), bagi dua warga tak mampu, Senin 15 April 2019 siang.

Penyerahan bantuan perbaikan RTLH oleh orang nomor satu di Jawa Tengah itu, pertama diserahkan di kediaman RT: 10, RW: 01 Desa Slatri, Kecamatan Larangan, dengan penerima Ahmad Judin (75).

Kemudian, warga Tegalglagah RT: 01, RW: 01 Kecamatan Bulakamba, dengan atas nama Ruslan dan warga Lamaran RT 11 RW 7 Desa Sitanggal Kecamatan Larangan, dengan penerima Abdul Rokhim.

Adapun, Judin merupakan warga Desa Slatri yang berulang kali menjabat sebagai pembantu kepala desa setempat. Karena usia, kini dia hanya tinggal di rumah yang bagian belakangnya hampir runtuh.

Rumah Judin bin Mawad tersebut ternyata tidak jauh dari rumah Sudirman Said, hanya sekitar 150 meter. Namun demikian, Ganjar berharap bantuan RTLH tersebut mampu menyelesaikan perbaikannya.

"Sebenarnya kalau kebutuhannya banyak sekali, hampir tidak pernah bisa kita cukupi setiap tahun. Maka kami insert bantuannya dari Baznas. Ini adalah respons dari masyarakat yang melapor lewat medsos yang banyak. Pas kami kunjungan ke Brebes menyerahkan bantuan APBD, kami coba respons apa yang jadi masukan dari masyarakat," ujar Ganjar Pranowo, di sela-sela penyerahan bantuan perbaikan RTLH di kediaman Judin.

Diakui Ganjar, pada Pilgub Jateng 2018 silam, pihaknya memang sempat singgah ke Slatri. Waktu itu Ganjar hendak mengucapkan selamat ulang tahun pada Sudirman Said.

Menurutnya, dalam melaksanakan program dia tidak memandang perbedaan pandangan politiknya dengan Sudirman Said.

"Mudah-mudahan pemilihan tidak akan bisa memisahkan rasa kemanusiaan dan persaudaraan kita. Ini daerah Pak Sudirman Said yang justru kita bantu. Justru di sini yang saya datangi dulu," ujarnya.

Usai memberikan bantuan perbaikan RTLH di Desa Slatri, Ganjar juga menyerahkan bantuan RTLH kepada Ruslan, warga Tegalglagah RT:01, RW:01 Kecamatan Bulakamba dan Abdul Rokhim warga Lamaran RT:11, RW:7 Desa Sitanggal, Kecamatan Larangan.

Setelah menyerahkan bantuan renovasi RTLH, Ganjar jmengajak warga Slatri untuk rembugan berbagai persoalan di daerahnya bersama Bupati dan Wakil Bupati Brebes, yang turut hadir mendampinginya.

"Sengaja saya sehari melakukan kunjungan kerja ke Brebes. Alhamdulillah kalau tahun kemarin Rp 100 miliar lebih, sekarang Rp 200 miliar lebih. Semoga bisa dimanfaatkan untuk infrastruktur pendidikan kesehatan dan lainnya,” katanya.