Dewi Aryani Ajak Warga Tingkatkan Gotong Royong
LAPORAN SL. GAHARU
Jumat, 08/03/2019, 18:46:39 WIB

Dewi Aryani foto bersama peserta Sosialisasi 4 Pilar di Kecamatan Margasari (Foto: Dok/Erin)

PanturaNews (Tegal) - Pancasila merupakan pandangan hidup bangsa Indonesia yang berguna sebagai pemersatu antar masyarakat. Aspek-aspek yang terkandung di dalam Pancasila, harus diterapkan dalam berbagai bidang kehidupan sehari–hari.

Hal itu diungkapkan Anggota Komisi 9 DPR RI Fraksi PDI Perjuangan, DR. Hj. Dewi Aryani, MSi saat Sosialisasi 4 Pilar yang dihadiri 150 kader dan masyarakat perwakilan dari semua desa se Kecamatan Margasari, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Kamis 07 Maret 2019 malam.

“Jiwa gotong royong harus kita terapkan dalam kehidupan masyarakat sehari-hari,” ujar Dewi Aryani yang berangkat ke Senayan dari Dapil Jawa Tengah IX (Kota Tegal, Kabupaten Tegal, Kabupaten Brebes).

Dikatakan Dewi Aryani yang akrab disapa DeAr, pada situasi saat ini menjaga kerukunan antar warga dan meningkatkan gotong royong, sangat penting. Warga jangan mudah dipecah belah dan diadu domba, serta adanya ancaman dan intimidasi kepada warga.

“Jika ancaman itu tidak diantisipasi bersama dengan gotong royong, bukan tidak mungkin warga akan mudah dipecah belah,” tutur Dewi Aryani.

Pada kesempatan itu, Dewi Aryani mengajak masyarakat untuk mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Dicontohkan, pengamalan sila ke-4 yaitu  Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan.

Menurut Dewi Aryani, mengamalkan sila ke 4 Pancasila, artinya harus mengutamakan kepentingan negara dan masyarakat. Sebagai warga yang baik, selalu mengikuti pemilihan presiden dan wakil presiden, gubernur, dan walikota.

“Pengamalan sila ini, berarti tidak memaksakan kehendak orang lain, tapi mengutamakan musyawarah dalam mengambil keputusan untuk kepentingan bersama,” terangnya.

Lebih lanjut Dewi Aryani menjelaskan, dalam musyawarah untuk mencapai mufakat, harus diliputi oleh rasa kekeluargaan. Musyawarah harus dengan itikad yang baik, dan rasa tanggung jawab menerima dan melaksanakan hasil musyawarah.

“Segala sesuatu jika diselesaikan dengan musyawarah dan gotong royong, hasilnya akan baik bagi semua pihak,” tandasnya.