Bupati Pamer Program Pemerintah pada Kader Posyandu
LAPORAN ZAENAL MUTTAQIEN
Senin, 11/02/2019, 14:16:47 WIB

Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH menyampaikan sambutan pada kegiatan Sosialisasi Program Kesehatan pada Kader Posyandu dan Dukun Bayi (Foto: Dok. Zaenal Muttaqin)

PanturaNews (Brebes) - Bupati Brebes, Jawa Tengah, Hj Idza Priyanti SE MH sebutkan beberapa program pemerintah pusat yang bermanfaat saat melakukan kegiatan pembinaan pada Kader Posyandu se-Kecamatan Paguyangan, Senin 11 Februari 2019.

Pada kegiatan Sosialisasi Program Kesehatan pada Kader Posyandu dan Dukun Bayi yang digelar di Balai Desa Kretek tersebut, Idza menyampaikan tentang program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang sangat membantu masyarakat.

Sebelumnya pada kegiatan yang sama di Kecamatan Bantarkawung dan Kecamatan Bumiayu, Idza juga menyampaikan besarnya bantuan pemerintah pusat kepada desa melalui Dana Desa (DD). Bantuan DD bertujuan untuk meningkatkan kemajuan desa dan kemakmuran warganya.

"Dana Desa bertujuan untuk mensejahterakan rakyat di desa, karenanya masyarakat hendaknya juga ikut mengawasi penggunaannya," kata Idza.

Selain program pemerintah pusat, Idza juga menyampaikan program pemerintah daerah (Pemda) Brebes yang harus didukung para Kader Posyandu. Seperti upaya menekan Stunting yang jumlahnya masih cukup tinggi.

"Juga upaya untuk mengurangi Angka Kematian Ibu (AKI) saat melahirkan juga harus diupayakan. Meski saat ini sudah ada penurunan dari tahun-tahun sebelumnya tapi masih cukup tinggi di banding daerah lain," terang Idza.

Keberhasilan menurunkan AKI diantaranya berkat dukungan dan bantuan dari para Kader Posyandu. Idza memberikan apresiasi dan berharap peran Kader Posyandu terus ditingkatkan.

Angka Kematian ibu saat melahirkan pada tahun 2018 dapat ditekan dan hanya 30 kasus saja. Padahal tahun-tahun sebelumnya mencapai 50 kasus, jadi ada penurunan yang cukup banyak.

Bupati berharap peran Kader Posyandu tersebut terus ditingkatkan lagi, mengingat masih banyaknya program pemerintah di bidang kesehatan yang harus disukseskan. Seperti upaya mencegah Stunting atau kekerdilan yang angkanya masih cukup tinggi.

"Melalui sosialisasi yang terus menerus oleh para Kader Posyandu agar para ibu memberikan ASI eksklusif pada bayinya Stunting bisa dicegah," kata Idza.

Pada kesempatan tersebut secara simbolis Bupati Brebes menyerahkan bantuan transport untuk para Kader Posyandu. Menyaksikan kegiatan Sosialisasi Program Kesehatan pada Kader Posyandu dan Dukun Bayi se-Kecamatan Paguyangan, Kepala Puskesmas Paguyangan drg Rozikin dan Plt Camata Paguyangan, Eko Purwanto SP MSi dan Kapolsek Paguyangan AKP Suroto serta lainnya.

Perlu diketahui, kegiatan pembinaan Kader Posyandu dilakukan secara marathon oleh Idza di tiap kecamatan. Di wilayah selatan kegiatan telah di lakukan di Kecamatan Bantarkawung, Bumiayu, Paguyangan dan Tonjong. Kegiatan pembinaan mengundang seluruh Kader Posyandu yang ada di setiap desa.