Kisruh di PDIP Brebes, Indra Kusuma: Itu Sudah Biasa
LAPORAN TAKWO HERIYANTO
Minggu, 30/12/2018, 21:39:18 WIB

Meski dilanda kisruh, kader PDIP Brebes kompak memenangkan Pileg dan Pilres 2019 (Foto: Takwo Heryanto)

PanturaNews (Brebes) - Menjelang Pemilu Legislatif (Pileg) dan Pemilu Presiden (Pilpres) 2019 mendatang, jajaran pengurus DPC PDI Perjuangan Kabupaten Brebes, dilanda kekisruhan di internal partai berlambang banteng moncong putih tersebut.

Kekisruhan itu terjadi lantaran adanya dugaan, bahwa rapat konsolidasi internal partai yang diselanggarakan di Kantor DPC PDIP Kabupaten Brebes, Jumat 29 Desember kemarin, dianggap illegal.

Informasi yang berhasil dihimpun PanturaNews.Com menyebutkan, timbulnya kekisruhan di tubuh DPC PDIP Kabupaten Brebes saat menggelar rapat konsolidasi di internal partai tersebut, tidak mengundang atau diketahui oleh Indra Kusuma selaku ketua partainya.

Atas insiden kekisruhan di tubuh DPC PDIP Kabupaten Brebes itu, DPD PDI Perjuangan Provinsi Jawa Tengah, memerintahkan utusannya yakni Joko Purnomo, untuk menginvestigasi sekaligus mengklarifikasinya.

Tujuannya adalah guna mendapatkan hasil laporan yang sebenarnya, atas terjadinya insiden kekisruhan di tubuh DPC PDIP Kabupaten Brebes.

"Bagi PDI Perjuangan sudah biasa adanya kekisruhan di kubu internal partai sendiri, karena tidak ada musuhnya," ujar Joko Purno disela-sela pertemuanya dengan jajaran pengurus DPC PDIP Kabupaten Brebes, di Kantor DPC PDIP jalan Taman Siswa Brebes, Minggu 30 Desember 2019 malam.

Namun demikian, hasil dari investigasi dan klarifikasi ini, kata Joko, akan disampaikan oleh DPD PDIP Provinsi Jawa Tengah. Meski begitu, pihaknya meyakini bahwa adanya insiden kekisruhan di internal partainya itu, seluruh kader PDIP tetap bisa menjaga kesolidan partai dalam rangka memenangkan kembali Joko Widodo sebagai Presiden Republik Indonesia.

Disisi lain, pihaknya meminta kepada jajaran DPC PDIP Kabupaten Brebes, untuk bisa mentargetkan hasil perolehan suara dalam menghadapi Pileg maupun Pilpres 2019 mendatang.

Sementara itu, Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Brebes, Indra Kusuma mengatakan, adanya kekisruhan di internal partainya adalah sudah menjadi hal biasa.

"Sudah biasalah. Dari dulu PDIP suka srudug-srudugan walaupun sesama kader partainya sendiri. Tapi, pada akhirnya kami tetap bisa menjaga kesolidan di tubuh partai kami," ucap Indra Kusuma yang merupakan mantan Bupati Brebes ini.

Bahkan, lanjut Indra Kusuma, pihaknya atas nama Ketua beserta Sekretaris DPC PDIP Kabupaten Brebes, Illia Amin, siap memenangkan dengan mentargetkan perolehan suara sebanyak persen pada Pileg dan Pilpres 2019 mendatang dengan memenangkan Joko Widodo sebagai Presiden.

"JIka target perolehan sura sebanyak 65 persen pada Pileg dan Pilpres 2019 tidak tercapai, maka kami selaku Ketua dan Sekerataris DPC PDIP Kabupaten Brebes, Pak Illia Amin, siap meletakkan jabatan ketua dan sekretarisnya," tegas Indra Kusuma.