Ribuan Bibit Pohon Ditanam di Tuk Suci
LAPORAN ZAENAL MUTTAQIEN
Minggu, 30/12/2018, 16:21:56 WIB

Wakil Bupati Brebes, Narjo SH MH melakukan penanaman bibit pohon di kawasan Tuk Suci (Foto: Zaenal Muttaqin)

PanturaNews (Brebes) - Sebanyak 12.500 batang bibit pohon berbagai jenis, ditanam di kawasan sumber mata air Tuk Suci Desa Dawuhan Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes Jawa Tengah, Minggu 30 Desember 2018.

Penanaman ribuan pohon digagas SMK Negeri 2 Slawi bersama Perum Perhutani KPH Pekalongan Barat dalam rangka memperingati HUT ke 50 sekolah tersebut. Juga sebagai bakti lingkungan dalam rangka Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI).

Sebelum aksi tanam, didahului upacara pembukaan dengan inspektur upacara Wakil Bupati Brebes Narjo SH MH dan dilanjutkan penanaman pohon secara simbolis.

Dalam sambutanya Narjo mengaku bangga atas kiprah keluarga besar SMK Negeri 2 Slawi, meski keberadaanya bukan di wilayah Brebes namun sangat peduli dengan kelestarian alam di Wilayah Kabupaten Brebes.

"Atas nama Pemerintah Kabupaten Brebes dirinya mengucapkan banyak terima kasih dan berharap apa yang dilakukan tersebut bisa menjadi contoh yang baik dan diikuti sekolah dan komunitas lain sehingga kelestarian alam benar benar terjaga dan membuat kita semua terhindar dari bencana yang diakibatkan oleh kerusakan alam," katanya.

Secara pribadi Narjo juga mengucapkan selamat Ulang Tahun ke-50 semoga SMK Negeri 2 Slawi semakin sukses dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia, sebagai calon pemimpin bangsa dimasa depan.

Wakil Bupati Brebes menambahkan, berbagai kasus kerusakan lingkungan yang telah terjadi banyak diantaranya akibat ulah manusia dibanding dengan yang disebabkan oleh proses alam.

"Ini menunjukkan perlunya komitmen dan kesadaran yang sangat tinggi dari semua pihak untuk menerapkan prinsip prinsip pengelolaan lingkungan hidup seperti yang telah dilakukan keluarga besar SMK Negeri 2 Slawi sekarang ini," kata Narjo.

Kepala SMK Negeri 2 Slawi Imron Effendi mengatakan, penanaman 12.500 bibit tanaman yang terdiri dari bibit Kopi, Mahoni, Trembesi dan beberapa bibit pohon tanaman keras lainya dilakukan dalam rangka bakti lingkungan memperingati HUT ke-50 SMK Negeri 2 Slawi.

"Semoga penanaman pohon ini memberi banyak manfaatnya terutama untuk kelestarian lingkungan," katanya.

Dalam acara yang digelar di jalur pendakian Gunung Slamet tersebut dihadiri pula perwakilan Perum Perhutani KPH Pekalongan Barat, perwakilan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Brebes, Kepala Sekolah SMK Negeri 2 Slawi Imron Effendi SP M.Pd beserta jajaranya, Muspika Sirampog, Kepala Desa Dawuhan serta siswa siswi dan alumni SMK Negeri 2 Slawi.