Senin 24 Desember 2018, Kongres PSSI Brebes
LAPORAN TAKWO HERIYANTO
Minggu, 16/12/2018, 17:42:16 WIB

Rapat persiapan Kongres PSSI Brebes di Kantor PSSI Brebes (Foto: Takwo Heriyanto)

PanturaNews (Brebes) - Asosiasi PSSI Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, akan menggelar kongres PSSI Brebes, pada Senin 24 Desember 2018 mendatang di gedung DPRD Brebes.

Agendanya adalah pemilihan calon Ketua Asosiaisi PSSI Kabupaten Brebes, untuk masa jabatan empat tahun kedepan, yakni periode Tahun 2018-2022.

Pemilihan calon Ketua Asosiasi PSSI Kabupaten Brebes untuk masa jabatan baru itu, dilakukan menyusul masa jabatan Ketua Asosiasi PSSI Kabupaten Brebes, yang saat ini diemban oleh Idza Priyanti, segera habis masa jabatannya pada akhir tahun 2018 ini.

Sekretaris Asosiasi PSSI Kabupaten Brebes, Heri Fitriansyah mengatakan, ada beberapa tahapan dalam agenda kongres PSSI Brebes ini. Diantaranya adalah yang pertama, tahapan pembukaan pengumuman dan pendaftaran peserta calon, mulai Senin 17 - Kamis 20 Desember 2018.

Kemudian, tahapan verifikasi dan hasil verifikasi pengumuman calon Ketua pada Jumat 21 Desember 2018. Selanjutnya, tahapan proses banding calon ketua (jika ada) pada Sabtu 22 Desember 2018.

Setelah itu, tahapan pengumuman hasil banding calon ketua (jika ada) pada Minggu 23 Desember 2018. Terakhir adalah tahapan kongres penetapan calon Ketua terpilih Asosiasi PSSI Kabupaten Brebes, pada Senin 24 Desember 2018.

"Kemungkinan besar calon incumbent, Ibu Idza Priyanti yang notabenenya adalah sebagai Bupati Brebes, juga akan kembali mencalonkan pada Kongres PSSI Brebes ini," ujar Heri Fitriansyah, Minggu 16 Desember 2018, usai rapat persiapan kongres PSSI Brebes, di Kantor PSSI Brebes.

Namun demikian, kata Heri, jika ada kandidat lain yang hendak mencalonkan diri dalam pemilihan Ketua Asosiasi PSSI Brebes periode empat tahun kedepan ini, juga diperbolehkan.

Beberapa persyaratannya, adalah usia minimal 25 tahun dan membuat surat pernyataan kesanggupan. Penduduk Kabupaten Brebes dan berdomisili di wilayah Kabupaten Brebes dibuktikan dengan E-KTP.

Kemudian, telah aktif di kepengurusan sepakbola di bawah naungan Asosiasi PSSI Kabupaten Brebes selama sekurang-kurangnya 3 tahun (dibuktikan dengan SK pengurus PSSI).

Selain itu, mendapat dukungan sekurang-kurangnya 10 klub/PS/SSB peserta Liga Brebes Super Bupati Cup 2018 dan Divisi Utama Brebes 2017.

"Untuk persyaratan ini dengan menunjukan bukti dukungan berupa surat dukungan (bermaterai 6000)," terang Heri.

Persyaratan lainnya adalah, memiliki visi dan misi memajukan prestasi sepakbola dan futsal di Kabupaten Brebes. Selanjutnya, tidak sedang bermasalah dengan hukum.

"Persyaratan terakhir adalah penyerahan kelengkapan administrasi bakal calon paling lambat 20 Desember 2018 pukul 18:00 WIB, di Sekretariat Asosiasi PSSI Kabupaten Brebes," pungkas Heri.

Adapun, untuk peserta kongres dan voters adalah berasal dari tim/PS/klub/SSB, yang mengikuti Divisi Utama Brebes 2017 sebanyak 16 tim dan Liga Brebes Super Bupati Cup 2018 sebanyak 93 tim. Dengan demikian, terdapat 109 hak pilih dalam agenda kongres PSSI Brebes nanti.