Banyak Bendungan Irigasi di Brebes Rusak
LAPORAN TAKWO HERIYANTO
Jumat, 07/12/2018, 00:08:02 WIB

Salah satu bendungan di Kabupaten Brebes bagian selatan kondisinya rusak. (Foto : Dok)

PanturaNews (Brebes) - Menyusul banyak bendungan irigasi di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, terutama di wilayah bagian selatan, yang kondisinya mengalami kerusakan, DPRD setempat akan segera melakukan pemanggilan terhadap instansi terkait.

"Dinas terkait yang akan segera kami panggil adalah Dinas Pengairan Sumber Daya Air dan Penataan Ruang Kabupaten Brebes," ujar anggota Komisi III DPRD Brebes, Wamadiharjo. Jumat 6 DEsember 2018.

Menurut anggota Fraksi PKS DPRD Brebes itu, Pemanggilan itu selain untuk meminta kejelasan, juga untuk koordinasi membahas penanganan kerusakan pada bendungan irigasi di wilayah bagian selatan tersebut.

“ Setelah kami panggil, nanti kita akan membahasnya guna melakukan pemetaan. Tujuannya adalah untuk mencari solusi penanganan hingga perhitungan terhadap anggaran yang dibutuhkan melalui rapat koordinasi nanti," ujar Wamadiharjo.

Menyikapi hal itu, Kabid Irigasi Dinas Pengairan Sumber Daya Air dan Penataan Ruang Kabupaten Brebes, Moh Taulani menjelaskan, untuk bendung yang skalanya kecil memang menjadi kewenangan daerah dan akan diperbaiki, disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah.

"Akan tetapi kalau untuk bendung ukuran besar merupakan kewenangan provinsi dan tetap akan dikoordinasikan," terangnya.