Ta'mir Masjid Mendapat Pembinaan Bela Negara
LAPORAN ZAENAL MUTTAQIEN
Kamis, 06/12/2018, 15:01:52 WIB

Para Ta'mir Masid di Kecamatan Bumiayu mengikuti kegiatan peningkatan kesadaran bela negara yang digelar oleh Kantor Kesbangpol Brebes (Foto: Zaenal Muttaqin)

PanturaNews (Brebes) - Sebanyak 50 peserta yang terdiri dari para Ta'mir Masjid se Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, mengikuti kegiatan peningkatan kesadaran bela negara, Kamis 06 Desember 2018.

Kegiatan yang digelar Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Brebes ini berlangsung di sebuah rumah makan yang ada di jalan lingkar Bumiayu.

Kepala Kantor Kesbangpol, Komar SE mengatakan, pihaknya mengundang para Ta'mir Masjid untuk mendapatkan penjelasan tentang Bela Negara dan diharapkan nantinya dapat disampaikan lagi pada lingkungannya atau jamaah masjidnya.

"Mereka tentu memiliki banyak waktu atau kesempatan untuk dapat menyampaikan kembali pada masyarakatnya," ujarnya.

Dikatakan, menjelang pelaksanaan pesta demokrasi atau Pemilu berpotensi meningkatnya kerawanan. Melalui peningkatan kesadaran bela negara diharapkan kerawanan itu tidak terjadi, atau setidaknya dapat diantisipasi.

"Apalagi katanya nanti Pemilu kita ini tergolong Pemilu paling rumit sedunia, tapi semoga tetap aman lancar," kata Komar.

Kegiatan menghadirkan dua pembicara, Muhamad Ma'ruf dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Brebes, dan Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Bumiayu, Muhamad Fauzi.

"Kami mengundang dari Bawaslu untuk memberikan penjelasan tentang hal-hal yang terkait dengan pelanggaran Pemilu, karena seperti yang kita ketahui adanya larangan kampanye di Masjid," terang Komar.

Ta'mir Masjid menjadi mengerti tentang batasan-batasan seperti kampanye sesuai aturan hukum. Sehingga diharapkan para Ta'mir Masjid tidak melakukan hal-hal yang berlawanan dengan aturan Pemilu.

Sementara dari KUA memberikan penjelasan tentang fungsi dan peranan masjid dalam pembinaan masyarakat sesuai dengan ketentuan agama.

Melalui kegiatan tersebut diharapkan akan terwujud seperti yang dimaskudkan dalam tema kegiatan yaitu, Sinergitas Ta'mir Masjid dalam rangka meningkatkan ukhuwah Islamiyah, ukhuwah basyariyah, ukhuwah wathoniyah untuk menciptakan Pemilu yang aman dan damai.

"Sesuai dengan tema, melalui kegiatan peningkatan kesadaran bela negara bagi Ta'mir Masjid ini akan dapat terwujud ukhuwah atau persaudaran menjelang Pemilu dan sesudahnya nanti dan kondisi juga tetap aman serta kondusif," tandas Komar.