Soal PDAM Tegal-Pemalang, Gubernur Agar Dilibatkan
LAPORAN SL. GAHARU
Kamis, 18/10/2018, 17:20:56 WIB

Dewi Aryani mengucurkan bantuan air bersih untuk warga yang terdampak kekeringan (Foto: Dok/Erin)

PanturaNews (Tegal) - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) yang dimiliki Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tegal, belum dapat menjangkau seluruh wilayah. Selain minim anggaran, pasokan air bersih dari beberapa sumber mata air di Kabupaten Tegal, juga terbatas dan tidak mampu menjangkau hingga wilayah pantau utara (Pantura).

Hal itu dikatakan Anggota Komisi 9 DPR RI Fraksi PDI Perjuangan, DR. Hj. Dewi Aryani, M.Si saat memberikan bantuan air bersih di Desa Rangimulya, Kecamatan Warureja, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Kamis 18 Oktober 2018 siang.

“Sejauh ini, wilayah pantura yang sudah teraliri jaringan PDAM, hanya Kecamatan Kramat,” ujar Dewi Aryani yang akrab disapa DeAr.

Menurut DeAr, untuk memenuhi pasokan air bersih dari sumber mata air, bisa dilakukan kerja sama dengan daerah tetangga, yakni Kabupaten Pemalang. Jika sudah ada kerja sama, maka jaringan air bersih juga bisa merambah ke wilayah pantura, yaitu Kecamatan Suradadi dan Warureja.

Ditegaskan Dewi Aryani yang berangkat ke Senayan dari Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Tengah IX (Kabupaten Tegal, Kota Tegal, Kabupaten Brebes), jika telah ada proses kerjasama Pemkab Tegal namun belum di respon Pemkab Pemalang, maka kami minta Gubernur Jawa Tengah untuk membantu mediasi keduanya, sehingga ditemukan titik temu solusi terbaik kedua wilayah tersebut. Namun jika belum, maka pihak Pemkab Tegal supaya segera melayangkan permohonan kerjasamanya untuk dibahas bersama.

"Kita akan minta bantuan Gubernur Jateng agar mediasi Pemkab Tegal dan Pemkab Pemalang, agar jaringan air bersih juga bisa merambah Kecamatan Suradadi dan Warureja. Karena selain butuh anggaran besar untuk mencapai wilayah itu, sumber mata air untuk pantura juga bisa dibantu dari Pemalang," terang DeAr.

Dijelaskannya, jika masuk musim kemarau yang melanda Kabupaten Tegal, membuat sejumlah wilayah mengalami kekeringan. Saat ini, desa yang kerap mengalami kekeringan di Kecamatan Warureja, yakni Desa Rangimulya dan sejumlah desa di sekitarnya. Di Kecamatan Suradadi, yaitu Desa Jatimulya, Jatibogor, Kertasari, dan beberapa desa lainnya.

Karenanya, untuk membantu masyarakat yang kesulitan mendapatkan air bersih, Dewi Aryani menggelontorkan bantuan air bersih ke sejumlah desa di Kabupaten Tegal.

"Bantuan air bersih ini semata-mata membantu meringankan beban warga dalam mendaparkan air bersih, terutama untuk dikonsumsi dan untuk memasak, agak rakyat tetap dapat memenuhi kebutuhan air bersih,” ungkap DeAr.

Ditegaskan DeAr, kekeringan berkepanjangan tanpa bantuan air bersih dapat memicu penyakit, terutama anak-nak dan perempuan yang rentan terhadap penyakit.

“Jangan sampai rakyat terpaksa menggunakan air sungai, apalagi jika sudah tercemar, sangat berbahaya," tandas politisi PDI Perjuangan ini.