Muhammad Jumadi, The Best CTO of The Year 2018
LAPORAN SL. GAHARU
Kamis, 18/10/2018, 10:08:27 WIB

Dua penghargaan sekaligus diterima Muhammad Jumadi dari Asosiasi Big Data & AI (Foto: Dok)

PanturaNews (Jakarta) - Wakil Walikota Tegal terpilih, Muhammad Jumadi, ST, MM menerima dua penghargaan, yakni The Best CTO of The Year 2018 untuk Banking Category dan The Best Data Governance, Banking Category 2018 di ajang penghargaan Asosiasi Big Data & AI (ABDI) di Jakarta.

Muhammad Jumadi saat ini masih bergabung di Bank Index, yang pada Pilkada beberapa waktu lalu berpasangan dengan Walikota Tegal terpilih, H. Dedy Yon Supritono, SE, MM untuk masa bakti 2019-2024 akan dilantik pada Maret 2019. Dia bangga selama ini menjadi bagian dari Bank Index

“Dua penghargaan yang saya terima ini sebagai kado yang terindah,” ujar Muhammad Jumadi, Rabu 17 Oktober 2018 malam.

Diketahui, Data Governance (DataGovAI) adalah apresiasi yang diberikan kepada institusi, bukan saja yang sukses menerapkan teknologi data mining, analytics dan AI bersama technology data mining dan AI provider, tapi juga apresiasi yang diberikan kepada industri yang sukses menerapkan data governance di institusinya.

Pada kesempatan penganugerahan itu, Muhammad Jumadi memperkenalkan Batik Tegal. Menurutnya, untuk mendongkrak perekonomian warga, sektor usaha kecil harus didorong untuk bangkit dan maju. Salah satunya batik Tegal yang sudah dikenal di seantero Nusantara. Sektor ini perlu sentuhan kreatif dan inovatif agar bisa go internasional.

"Saya pada Maret 2019 akan dilantik menjadi wakil walikota mendamping H Dedy Yon. Jadi bulan depan saya tak aktif lagi sebagai pekerja di Bank Index dan di dunia Teknologi Informasi (TI), karena akan fokus membentuk tim transisi untuk mengabdi kepada Kota Tegal," kata Jumadi yang tak henti-hentinya mempromosikan batik Tegal.

Dengan mengenakan baju batik Tegal, malam itu Muhammad Jumadi mendapat pujian dari berbagai pihak. Salah satunya pujian dari Menkominfo RI yang memuji, bahwa batik yang dikenakanya sangat bagus.

Saat itu Menkominfo mengatakan; “Selamat, wah Batikmu bagus Mas,” …….., “Terimakasih Pak, ini batik Tegal,” tutur Muhammad Jumadi.

Sebelumnya dikatakan Muhammad Jumadi, batik Tegal punya corak yang unik seperti corak Beras Mawur, Cempaka Mulia, dan Kembang Pacar. Untuk itu, saat bertugas sebagai wakil walikota, dia akan mendorong perajin batik Tegal agar lebih maju.

Antara pemerintah daerah Kota Tegal dengan pengrajin harus ada sinergi. Selain itu, Muhammad Jumadi bangga dengan batik Tegal, dan harus terus menerus digelorakan. Batik Tegal harus mendapat sentuhan kreatif dan inovatif, agar bisa go internasional.

“Untuk mewujudkannya, perlu upaya masif dan terstruktur. Ada tiga hal bagaimana menjadikan batik semakin berkembang, yaitu bahan baku, packaging dan marketing. Tiga hal itu yang akan menjadikan pembatik berkembang dan memasarkan produknya hingga ke pasar mancanegara,” ungkap Muhammad Jumadi.