Lagi, Satu Pelaku Jambret dan Begal di Tegal Didor
LAPORAN JOHARI
Selasa, 09/10/2018, 11:48:16 WIB

Adji Wijaya (kanan) tersangka jambret yang didor kakinya saat diperiksa penyidik (Foto: Johari)

PanturaNews (Tegal) - Satu persatu kawanan jambret dan begal yang selama ini meresahkan warga berhasil dilumpuhkan. Tim Reserse Mobil (Resmob) Polres Tegal Kota kembali menangkap seorang pelaku jambret HP, Jumat 05 Oktober 2018 lalu.

Pelaku jambret yang berhasil dibekuk adalah Adji Wijaya (22), warga Jalan Kates II, Kelurahan Kraton, Kota Tegal, Jawa Tengah, terpaksa didor kaki kanannya, karena berusaha lari saat akan ditangkap.

Kapolres Tegal Kota AKBP Jon Wesly Arianto SIK melalui KBO Reskrim IPTU Slamet Sugiharto SH mengatakan, Adji Wijaya adalah kawanan dari tiga pelaku  jambret  HP yang telah ditangkap sebelumnya.

“Jumlah kelompoknya ada enam orang, dan yang sudah kami tangkap kemarin tiga orang ditambah satu lagi, jadi baru empat pelaku yang sudah berhasil kami tangkap,” terang Slamet Sugiharto, Senin 08 Oktober 2018.

Menurutnya, Adji Wijaya ditangkap di sebuah rumah kos di Jalan Gatot Subroto, Sumurpanggang, Margadana, Kota Tegal. Penangkapan Adji Wijaya  berkat nyayian dari tiga temannya yang  ditangkap terlebih dahulu.

”Jadi, setelah mengamankan tiga pelaku, kami mendapat informasi soal peran Adji, yang ikut serta dalam aksi begal dan jambret. Atas informasi itu, kami pun bergegas memburu dan alhamdulillah berhasil menangkapnya,” bebernya.

Slamet menjelaskan setelah berhasil mengamankan Adji, polisi berhasil mengetahui peran dan tugasnya selama melakukan aksi. Di antaranya, bertugas menyetir kendaraan. Sementara yang memboncengkan Fandi Maulidin, pelaku yang sudah tertangkap, sebagai ekskutor.

”Dari tangan Adji, satu motor Yamaha Mio J warna hitam G 3497 CN, yang digunakan pelaku dalam menjalankan aksi kejahatannya ikut pula diamankan,” tegasnya.

Slamet menambahkan, hingga kini pihaknya bersama jajaran masih memburu pelaku lainnya. Masih ada anggota komplotan ini yang dikejar, di antaranya seorang mahasiswa.

Selain itu, komplotan begal lainnya, yang masih dilakukan pengembangan dan pengejaran. Sedangkan identitasnya maupun ciri-ciri pelaku sudah terdeteksi. Ini setelah melihat hasil rekaman CCTV di sejumlah TKP yang merekam aksi jahat dan sadis para pebegal tersebut.

Sebelumnya, tiga orang pelaku aksi kejahatan yang meresahkan sepekan terakhir ini berhasil dibekuk, Jumat  05 Oktober 2018  dinihari. Ketiga pelaku itu yakni, Fandi Maulidin Priono (22), warga Jalan Salak, Kelurahan Kraton, Tegal Barat yang dihadiahi timas panas dan Dimas Saputra (18), warga Jalan Layang, Tegalsari, Tegal Barat. Keduanya ditangkap di rumah masing-masing, sekitar pukul 23.00-24.00 WIB.

Sementara seorang pelaku lainnya, Nurul Anam (22), warga Kelurahan Kraton, Tegal Barat, ditangkap, Jumat pagi (5/10). Dalam menjalankan aksinya komplotan ini mengincar korban ibu-ibu yang mengendarai sepeda motor di jalan. Tidak hanya mengincar tas korban, mereka juga berusaha merebut motor korban.