Di Brebes, 4 Mantan Napi Masuk DCT Pileg 2019
LAPORAN TAKWO HERIYANTO
Jumat, 21/09/2018, 22:25:08 WIB

Warga melihat pengumuman DCT Anggota DPRD Pileg 2019 (Foto: Nino)

PanturaNews (Brebes) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, secara resmi telah menetapkan sebanyak 489 nama Daftar Calon Sementara (DCS) menjadi Daftar Caleg Tetap (DCT) DPRD Brebes untuk Pemilu Legislatif (Pileg) 2019.

"Dari 489 nama yang sudah ditetapkan menjadi DCT ini, berasal dari 14 partai yang mendaftarkan calon legislatifnya di DPRD Brebes," ujar Ketua KPU Kabupaten Brebes, Muamar Riza Pahlevi, Jumat 21 September 2018.

Riza menjelaskan, dari sebanyak 489 DCT itu, beberapa nama diantaranya terdapat 4 orang kades, 4 mantan narapidana (napi) dan sejumlah karyawan BUMN serta BUMD.

Empat mantan napi yang lolos ke DCT, pernah terlibat kasus pembalakan liar dan pidana lain. Mereka maju melalui Partai Nasdem, Garuda, Demokrat dan Gerindra.

Untuk empat kepala desa yang maju dalam bursa pencalegan, masing masing Kepala Desa Negla, Kecamatan Losari, Kepala Desa Banjaratma, Kecamatan Bulakamba, Kepala Desa Dukuhturi, Kecamatan Ketanggungan, dan Kepala Desa Kedungbokor, Kecamatan Larangan. Beberapa dari mereka maju melalui Partai Demokrat dan Golkar.

"Sesuai aturan, mereka memenuhi syarat sebagai DCT. Mantan napi yang mendaftar caleg sudah mengumumkan melalui media massa. Sedangkan para kades sudah mengundurkan diri. Demikian pula beberapa karyawan BUMN dan BUMD juga sudah mundur," terangnya.

Akan tetapi, imbuh Riza, dari semua DCT itu, ada satu orang yang mengundurkan diri, dan langsung digantikan oleh parpol pengusung. Bacaleg dari Partai Golkar ini mundur karena alasan kesehatan.

Adapun rincian sebanyak 489 DCT tersebut, lanjut Riza, adalah PKB, PDIP, Golkar, dan Gerindra mendaftarkan 50 nama calon legislatif. Kemudian, Partai NasDem (47 orang), Garuda (12 orang), Berkarya (21 orang), PKS (45 orang), Perindo (25 orang), PPP (47 orang), PAN (41 orang), Hanura (20 orang), Demokrat (29 orang), dan PBB (2 orang).