Warga Harus Memahami Nilai-Nilai Kehidupan Berbangsa
LAPORAN SL. GAHARU
Sabtu, 08/09/2018, 10:28:52 WIB

Warga mengikuti Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di Rumah Aspirasi Dewi Aryani di Desa Sidaharja (Foto: Dok/Tim DeAr)

PanturaNews (Tegal) - Sedikitnya 200 warga anggota Kelompok Tata Boga dan Budidaya Ikan Lele dari Kecamatan Margadana dan Tegal Selatan, Kota Tegal, Jawa Tengah, menjadi peserta Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan yang digelar di Rumah Aspirasi Dewi Aryani di Desa Sidaharja, Kecamatan Suradadi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Sabtu 08 September 2018.

Kepada peserta sosialisasi, Anggota Komisi 9 DPR RI Fraksi PDI Perjuangan, DR. Dewi Aryani, M.Si menekankan warga harus memahami nilai-nilai dalam kehidupan berbangsa bernegara, yakni 4 Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara.

“Masyarakat luas harus memahami nilai-nilai dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” ujar Dewi Aryani yang akrab disapa DeAr ini.

Pada Kesempatan itu, DeAr juga mengingatkan pentingnya pengamalan Pancasila sebagai sumber nilai dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara bagi bangsa Indonesia.

“Artinya seluruh tatanan kehidupan masyarakat, bangsa dan negara menggunakan Pancasila sebagai dasar moral atau norma dan tolak ukur tentang baik buruk, benar salahnya sikap, perbuatan dan tingkah laku warga masyarakat bangsa Indonesia,” tuturnya.

Sila pertama dalam Pancasila, lanjut DeAr, yaitu Ketuhanan yang Maha Esa. Sila pertama ini mengandung nilai-nilai yang religius, penjelasan dalam sila pertama ini diantaranya adalah bentuk keyakinan sebagai hak yang paling asasi yang berpangkal dari kesadaran manusia sebagai makhluk Tuhan.

Politisi yang berangkat ke Senayan dari Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Tengah IX (Kota Tegal, Kabupaten Tegal, Kabupaten Brebes), juga mengajak warga agar melaksanakan gotong royong sebagai intisari Pancasila yang menjadi nafas berkehidupan dan bermasyarakat.

“Kebersamaan yang terjalin dalam gotong royong, sekaligus melahirkan persatuan antar anggota masyarakat,” tutur DeAr.

Ditambahkan, warga masyarakat harus bijak dan terus menerus memberi pemahaman, bahwa gotong royong akan mempercepat pembangunan dan menciptakan sikap kerukunan.

“Kerukunan antar warga dan sikap goyong royong yang tinggi, akan menjadi spirit dalam membangun dan menciptakan kesejahteraan warga,” tandas DeAr.

Di sela Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan, Dewi Aryani membagikan doorprize untuk peserta yang tepat menjawab pertanyaan seputar 4 Pilar.