Dewi Aryani: Promkes Harus Digalakkan Secara Luas
LAPORAN SL. GAHARU
Selasa, 07/08/2018, 13:21:14 WIB

Dewi Aryani sosialisasi program kesehatan (atas) dan (bawah) melakukan gerakan senam bersama (Foto: Dok/Anto)

PanturaNews (Tegal) - Untuk percepatan perwujudan Nawacita ke 5 program Pemerintah Jokowi, Promosi Kesehatan (Promkes) harus digalakan dengan 3 sasaran yaitu primer, termasuk pasien, individu sehat, dan keluarga sebagai komponen dari masyarakat.

Hal itu dikatakan Anggota DPR RI Komisi 9 Fraksi PDI Perjuangan, DR. Hj. Dewi Aryani, MSi Sosialisasi Bidang Kesehatan pada masa reses di Gedung Amang Djiwo Kecamatan Pangkah, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Selasa 07 Agustus 2018.

“Sasaran sekunder, termasuk pemuka masyarakat, baik pemuka informal misalnya pemuka adat dan pemuka agama maupun pemuka formal misalnya petugas kesehatan, organisasi masyarakat, dan media massa,” tutur Dewi Aryani yang akrab disapa DeAr.

Sedangkan untuk sasaran tersier, lanjut DeAr, termasuk pembuat kebijakan publik yang berupa peraturan perundang-undangan di bidang kesehatan dan bidang-bidang lain yang berkaitan, serta mereka yang dapat memfasilitasi atau menyediakan sumber daya

Selain itu ada 5 elemen pokok dalam promosi kesehatan, yaitu fisik, termasuk olah tubuh, nutrisi, perawatan medis, dan pengendalian penyalahgunaan obat-obatan.

Lebih lanjut diterangkan politisi PDI Perjuangan yang berangkat ke Senayan dari Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Tengah IX (Kota Tegal, Kabupaten Tegal, Kabupaten Brebes), elemen pokok lainnya dalam promosi kesehatan yaitu intelektual, termasuk edukasi, prestasi, dan pengembangan karir. Spiritual, termasuk harapan, kebaikan, dan kemurahan hati. Emosional, termasuk krisis emosional, dan manajemen stres. Sosial. Termasuk komunitas, keluarga, dan teman.

"Semua poin diatas harus digalakkan untuk percepatan perwujudan Nawacita ke 5 program Pemerintah Jokowi. Ke depan harus dilanjutkan lagi, supaya masyarakat sehat dan sejahtera terwujud secara cepat dan sempurna. Semua elemen masyarakat harus dilibatkan secara meluas," tandas Dewi Aryani.

Hadir dalam sosialisasi yang dihadiri 200 undangan diantaranya wakil dari Kementrian Kesehatan, Dra Pimanih, M.Kes, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal, Asisten 3 Pemkab Tegal mewakili Plt Bupati Tegal, camat, para kepala desa, pejabat Puskesmas dan tokoh masyarakat dari Kecamatan Kedungbanteng dan Pangkah.