Diisukan Dicoret, Bakal Caleg PDIP Brebes Protes
LAPORAN TAKWO HERIYANTO
Senin, 09/07/2018, 23:25:10 WIB

Ketua tim verifikasi bacaleg PDIP Brebes, Illia Amin

PanturaNews (Brebes) - Beberapa nama bakal calon legislatif (caleg) yang telah mendaftar di DPC PDI Perjuangan Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, diisukan dicoret oleh tim verifikasi internal partai tersebut.

Salah satunya adalah bakal caleg incumben, Suherman dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kecamatan Tanjung, Losari dan Kersana yang melakukan protes.

Tidak terima atas kebijakan yang dinilai diskriminatif itu, ia bersama sejumlah kader PDIP lainnya mendatangi Kantor DPC PDI Perjuangan Kabupaten Brebes, Senin 9 Juli 2018.

Menurut Suherman, pihaknya bersama beberapa bakal caleg lainnya dicoret oleh Ketua DPC PDI Perjuangan setempat, karena dianggap bersebrangan dengan partainya.

"Saya mendengarnya dari tim verifikasi DPC PDIP Brebes, dimana pada saat rapat penjaringan bakal caleg terjadi dead lock. Bahkan, Wakil Ketua Tim Verifikasi, Narjo juga diusir, karena berusaha mempertahankan hasil verifikasi tim resminya sebelum ada perubahan (pencoretan)," ungkap Suherman saat di konfirmasi di Kantor DPC PDI Perjuangan Kabupaten Brebes.

Suherman menjelaskan, seharusnya hasil verifikasi diumumkan sesuai penilaian. Setelah itu, mekanisme penjaringan bakal caleg itu dibawa ke DPC untuk diusullan ke DPD PDIP Jawa Tengah, yang selanjutnya dikirim DPP PDIP.

"Apabila saya benar-benar dicoret, maka saya akan demo dengan ngerahkan massa. Karena ini sama saja bentuk diskriminasi dan akan saya laporkan ke DPD dan DPP. Karena seorang ketua DPC tidak menjalankan roda kepartaian dan aturan partai dengan benar," tegas Suherman.

Menyikapi hal itu, Ketua tim verifikasi bacaleg PDIP Brebes, Illia Amin menyebutkan bahwa sebagai tim, DPC sudah mejalankan penjaringan sesuai aturan.

"Saat ini total yang mendaftar ada 60 bakal caleg, namun yang lolos 42. Selanjutnya, akan kami lakukan penjaringan lagi terhadap jender atau kaum perempuan. Sedangkan, saudara Suherman itu, masuk ke daftar 42 bakal caleg yang lolos. Jadi, dia tidak dicoret, " terang Illia Amin yang juga sebagai Ketua DPRD Brebes ini.